EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL DALAM BACA KITAB KUNING

Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar-Kaliwates-Jember

Authors

  • N

Abstract

Sampai saat ini, dalam kegiatan pembelajarannya, Pesantren dan kitab kuning adalah dua sisi yang tak terpisahkan dalam keping pendidikan Islam di Indonesia, bahkan tanpa keberadaan dan
pengajaran kitab kuning, suatu lembaga pendidikan tak absah disebut pesantren. Untuk menjadikan pesantren tetap sebagai pusat kajian keislaman, pemeliharaan dan kitab kuning tetap dijadikan ciri
utamanya. Oleh karena itu begitu pentingnya efektifitas pembelajaran tutorial ini diterapkan di pondok pesantren AL-Bidayah Tegal Besar
Jember. sebagai wujud dan upaya untuk bagaimana supaya santrisantrinya dengan model tutorial ini mampu dan bisa untuk menguasai dan memahami kitab kuning yang sudah ada yang selayaknya sudah di karang oleh para ulama’ salafun sholeh

Published

2024-01-04

How to Cite

Ulum, N. (2024). EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL DALAM BACA KITAB KUNING: Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegal Besar-Kaliwates-Jember. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 57–81. Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/870

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar