PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKTUAL TERHADAP MUTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA BIDANG STUDI AL-QUR’AN HADITS DI MI BAITUL RIDLO UMBULSARI JEMBER
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kontektual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa di bidang al qur’an hadits, dengan fokus pada masalah adakah pengaruh antara penerapan pembelajaran kontektual terhadap motivasi
dan hasil belajar siswa. Dengan menggunakan tehnik analisa data kwantitatif Chi kwadrat baik menggunakan satu arah maupun dua arah terhadap hasil penelitian, maka diperoleh hasil sebagai berikut: Pertama. Terdapat pengaruh motivasi belajar alqur’an hadits terhadap siswa dengan menggunakan pembelajaran kontektual Kedua. Terdapat pengaruh hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi yang tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi yang rendah.Ketiga. Terdapat interaksi penerapan pembelajaran kontektual terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan 1. Perluanya penguasaan ilmu yang mendalam khususnya bidang alqur’an hadits, sehingga tamatan dari Madrasah tidak diragukan lagi keabsahannya.2. Penerapan metode kontektual memang sudah saatnya untuk diterapkan dan selalu diperhatikan karena secara signifikan dapat diketahui dampak pengaruhnya bagi kemampuan kognitif dan life skill anak dalam kehidupannya. 3. Motivasi juga sangat perlu
ditanamkan dalam jiwa sianak sebab dengan motivasi, akan dapat merubah jati diri dan kepribadian anak.4.Setelah memperoleh berbagai
ilmu dan pengalaman maka selanjutnya diamalkan secara istiqomah/ kontinue agar segala yang diperoleh tidak mudah hilang dan memberikan makna yang positif bagi kita semua.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.