Analisis Efisiensi dan Strategi Pemasaran Buah Pepaya ( Carica papaya L) Varietas Calina di Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember
DOI:
https://doi.org/10.56013/kub.v1i1.1105Abstract
Di Desa Suco ditemukan bahwa petani belum dapat memasarkan hasil produksi pepayanya dan tengkulak memanfaatkan peluang tersebut dengan memberikan petani bantuan berupa bibit gratis dengan konsekuensi hasil produksi pepaya harus dijual pada tengkulak yang memberikan bantuan bibit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi dan strategi pemasaran buah pepaya di Desa Suco. Penelitian ini menggunakan deskriptif analitik, metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dan penentuan sampel menggunakan 2 (dua) metode yaitu metode snowball sampling dan metode purpusive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran buah pepaya di Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember, ketiganya efisien dengan nilai efisiensi dibawah 30%.
Keywords: Pepaya, efisiensi pemasaran, strategi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 KUBIS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.