Analisis Efisiensi dan Strategi Pemasaran Buah Pepaya ( Carica papaya L) Varietas Calina di Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember

Authors

  • Abdur Rahman Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Hikmatul Lutfi`ah

DOI:

https://doi.org/10.56013/kub.v1i1.1105

Abstract

Di Desa Suco ditemukan bahwa petani belum dapat memasarkan hasil produksi pepayanya dan tengkulak memanfaatkan peluang tersebut dengan memberikan petani bantuan berupa bibit gratis dengan konsekuensi hasil produksi pepaya harus dijual pada tengkulak yang memberikan bantuan bibit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efisiensi dan strategi pemasaran buah pepaya di Desa Suco. Penelitian ini menggunakan deskriptif analitik, metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling dan penentuan sampel menggunakan 2 (dua) metode yaitu metode snowball sampling dan metode purpusive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran buah pepaya di Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember, ketiganya efisien dengan nilai efisiensi dibawah 30%.

 Keywords: Pepaya, efisiensi pemasaran, strategi

Downloads

Published

2021-11-11

How to Cite

Rahman, A., & Lutfi`ah, H. (2021). Analisis Efisiensi dan Strategi Pemasaran Buah Pepaya ( Carica papaya L) Varietas Calina di Desa Suco Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember . Kubis, 1(1), 12–21. https://doi.org/10.56013/kub.v1i1.1105

Issue

Section

Articles