Efektifitas TikTok sebagai Media Literasi Digital untuk Meningkatkan Pengetahuan Program Penjaminan Simpanan bagi Generasi Milenial

Authors

  • M. Al Qautsar Pratama Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia
  • Anggi Trivina Palupi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/mji.v2i1.2653

Keywords:

Efektifitas; TikTok; Media Literasi Digital

Abstract

Lembaga Penjaminan Simpanan merupakan salah satu lembaga negara yang independen dan memiliki tanggung jawab langsung ke Presiden. Lembaga yang didirikan tahun 2004 ini diharapkan bisa membangun kembali kepercayaan masyarakat terhadap sektor perbankan akibat dampak dari krisis tahun 1998 sehingga posisi LPS sangat krusial dalam menjamin sektor perbankan tetap stabil dan sehat. Penelitian ini didasari atas kurangnya literasi masyarakat terhadap program-program LPS sehingga dibutuhkan media yang tepat guna dan bisa diakses oleh semua kalangan. Salah satu new media yang ditawarkan adalah TikTok, sebagai media yang berkembang pesat akhir-akhir ini. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan quasi eksperimental design. Rancangan penelitiannya menggunakan one.group.pretest-posttest with control group. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah generasi milenial dengan rentang tahun kelahiran antara 1980 -1995 di lingkungan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembahasan penelitian ini akan mengupas sejauh mana persentase efektifitas TikTok sebagai media literasi dalam mengenalkan program-program LPS.

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

M. Al Qautsar Pratama, & Palupi, A. T. . (2024). Efektifitas TikTok sebagai Media Literasi Digital untuk Meningkatkan Pengetahuan Program Penjaminan Simpanan bagi Generasi Milenial . Medio Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.56013/mji.v2i1.2653

Issue

Section

Articles