Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan RPP Melalui Supervisi Akademik

Authors

  • M. Alfian Zuhdi jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/fj.v1i1.1336

Abstract

Salah satu peran yang harus dilakukan kepala sekolah adalah bagaimana mengarahkan guru, agar dalam penyusunan silabus didasarkan atas pertimbangan yang matang supaya siswa memiliki pengalaman belajar yang bermakna. Silabus yang dikembangkan dengan tepat dan efektif akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan pembelajaran. Guru merupakan faktor yang mempunyai peran yang sangat penting dalam membuat RPP guna mengantarkan siswa untuk mencapai tujuan pendidikan.

Kenyataannya, kondisi yang terjadi di Di MAN 1 Jember walaupun supervisi akademik sudah dilaksanakan oleh Kepala Sekolah, namun belum dapat memaksimalkan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lembaga ini memerlukan pembenahan dan perbaikan dalam penerapan supervisi akademik  agar guru-guru yang ada di Di MAN 1 Jember  dapat mengembangkan kompetensinya sebagai guru untuk membuat RPP demi mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik dan menarik dengan proses dan taraf perkembangannya yang menekankan pada terjadinya perubahan yang lebih baik.

Berdasarkan uraian di atas peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian dengan judul “Peningkatan Kompetensi  Guru dalam Pembuatan  RPP melalui Supervisi Akademik di Di MAN 1 Jember” dengan metode tersebut diharapkan dapat memperbaiki kinerja guru dan meningkatkan kompetensi  guru sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang lebih baik.

Untuk memecahkan masalah seperti yang telah diungkapkan, direncanakan dengan menggunakan penelitian tindakan sekolah, yakni penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan berkolaborasi dengan kepala sekolah melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan diskriptif kualitatif. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah ini menggunakan desain siklus tindakan berdasarkan model penelitian tindakan Hopkins. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu paparan data, pengolahan data, interpretasi data dan penyimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kompetensi  guru dalam pembuatan  RPP melalui supervisi akademik di Di MAN 1 Jember.

Downloads

Published

2024-01-20

How to Cite

M. Alfian Zuhdi. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan RPP Melalui Supervisi Akademik. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 88–99. https://doi.org/10.56013/fj.v1i1.1336