PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBUATAN RPP MELALUI SUPERVISI AKADEMIK
DOI:
https://doi.org/10.56013/fj.v1i1.1336Abstract
Salah satu peran yang harus dilakukan kepala sekolah adalah bagaimana mengarahkan guru, agar dalam penyusunan silabus didasarkan atas pertimbangan yang matang supaya siswa memiliki pengalaman belajar yang bermakna. Silabus yang dikembangkan dengan tepat dan efektif akan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan pembelajaran. Guru merupakan faktor yang mempunyai peran yang sangat penting dalam membuat RPP guna mengantarkan siswa untuk mencapai tujuan pendidikan.
Kenyataannya, kondisi yang terjadi di Di MAN 1 Jember walaupun supervisi akademik sudah dilaksanakan oleh Kepala Sekolah, namun belum dapat memaksimalkan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lembaga ini memerlukan pembenahan dan perbaikan dalam penerapan supervisi akademik agar guru-guru yang ada di Di MAN 1 Jember dapat mengembangkan kompetensinya sebagai guru untuk membuat RPP demi mencapai tujuan pembelajaran yang lebih baik dan menarik dengan proses dan taraf perkembangannya yang menekankan pada terjadinya perubahan yang lebih baik.
Berdasarkan uraian di atas peneliti tertarik untuk melakukan sebuah penelitian dengan judul “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembuatan RPP melalui Supervisi Akademik di Di MAN 1 Jember” dengan metode tersebut diharapkan dapat memperbaiki kinerja guru dan meningkatkan kompetensi guru sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang lebih baik.
Untuk memecahkan masalah seperti yang telah diungkapkan, direncanakan dengan menggunakan penelitian tindakan sekolah, yakni penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan berkolaborasi dengan kepala sekolah melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan diskriptif kualitatif. Dalam Penelitian Tindakan Sekolah ini menggunakan desain siklus tindakan berdasarkan model penelitian tindakan Hopkins. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu paparan data, pengolahan data, interpretasi data dan penyimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kompetensi guru dalam pembuatan RPP melalui supervisi akademik di Di MAN 1 Jember.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 FAJAR Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.