Perbedaan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin di SMA Percut Sei Tuan

Authors

  • Fadilah Afifah Universitas Negeri Medan, Indonesia
  • Abdul Hakim Daulae Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/bio.v14i1.3961

Keywords:

Perbedaan, Sikap peduli lingkungan, Jenis kelamin

Abstract

Sikap peduli lingkungan tergolong salah satu aspek penting dalam pendidikan karakter yang perlu dikembangkan sejak dini, khususnya di lingkungan sekolah. Penelitian ini memfokuskan pada kaitan antara sikap peduli lingkungan dan jenis kelamin siswa, dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan pada bulan Juli 2024. Sampel penelitian 70 orang, yang terdiri dari 34 siswa yakni: laki-laki dan 36 siswa jenis kelamin perempuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrument angket kuisioner berjumlah 24 pernyataan. Untuk menganalisis data dari pengujian hipotesis, digunakan uji t-test dengan tingkat signifikansi (α) sebesar 0,05 dan dibantu oleh program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata perempuan lebih tinggi daripada laki-laki. Temuan ini menunjukkan adanya perbedaan signifikan berdasarkan jenis kelamin dan pentingnya pendekatan berbasis gender dalam pendidikan lingkungan.

 

References

Abdullah, Karimuddin,. Jannah, Misbahul,. Aiman, Ummul,. Hasda,. Fadilla, Zahara,. Taqwin,. Ketut, Masita, Ngurah, Ardiawan,. Eka, Meilida, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal.2022, 2(2), 1–6.

Amin, M. S. (2018). Perbedaan Struktur Otak dan Perilaku Belajar Antara Pria dan Wanita; Eksplanasi dalam Sudut Pandang Neuro Sains dan Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 38. https://doi.org/10.23887/jfi.v1i1.13973

Barnas, S., & Ridwan, I. M. (2019). Perbedaan Gender dalam Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Mahasiswa Pendidikan Fisika. Diffraction, 1(2), 34–41. https://doi.org/10.37058/diffraction.v1i2.1328

Dela, A. & N. A. (2023). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar di Sekolah. PRIMER: Journal of Primary Education Research, 1 (2), 47–52. https://radarsemarang.jawapos.com/untukmu-guruku/721383350/pemanfaatan-lingkungan-sekolah-sebagai-sumber-belajar-di-sekolah

Fadhillah, A. S., Febrian, M. D., , Muhammad Cahyo Prakoso, M. R., Putri, S. D., & Raden Siti Nurlaela. (2024). Sistem Pengambilan Contoh dalam Metode Penelitian. Karimah Tauhid, 3(6), 7228–7237.

Hafiza Auramia, dan F. D. (2022). Analisis Sikap Peduli Lingkungan Siswa Berdasarkan Gender Auramia. Jurnal Biotek, 1827, 178–188.

Indrianeu, T. (2020). Model Sekolah Adiwiyata Dalam Meningkatkan Kepedulian Warga Sekolah Terhadap Lingkungan di SMP Negeri 10 Tasikmalaya. Geosee, 1(1), 14–20.

Kartini, A., & Maulana, A. (2019). Redefinisi Gender dan Seks. An-Nisa’: Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 12(2), 217–239. https://doi.org/10.35719/annisa.v12i2.18

Larashati, L., Sukarmin, & Annisa Nur Khasanah. (2022). Analysis of Attitudes towards the Environment in Students of Adiwiyata and Non-Adiwiyata Schools. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(5), 2247–2252. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i5.1534

Mutakin, A. (2018). Apa Lingkungan Itu? Geoarea, 1 (2), 65–68.

Nurhasanah, & Zuriatin. (2023). Gender dan Kajian Teori Tentang Wanita. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6 (1), 282–291. https://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/ES/article/view/1190/683

Pronityastuti, M. (2017). The Effect of Gender Differences on Pro Environmental Behavior in Directorate General Binapenta & PKK, Ministry of Manpower. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, 18(1), 21–27.

Sari, R. W., & Ernawati. (2021). Perbedaan Perilaku Pedulli Lingkungan Peserta Didik Berdasarkan Gender di SMAN 1 2X11 Kayutanam Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Geografi, 10 (2), 97–106.

Sukma, V. (2024). Konstruksi Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Perbedaan Pria dan Wanita sebagai Sesama Manusia dan Sesama Makhluk. 4(2), 72–79.

Tuck C Ngun, N. G. (2014). Emotional Changes in Male Sex Men. Front Neuroendocrinol, 5(3), 1–44. https://doi.org/10.1016/j.yfrne.2010.10.001.The

Uzun, N., Gilbertson, K. L., Keles, O., & Ratinen, I. (2019). Environmental Attitude Scale for Secondary School, High School and Undergraduate Students: Validity and Reliability Study. Journal of Education in Science Environment and Health, 79–90. https://doi.org/10.21891/jeseh.491259

Wagiman, M., Siti, R.H., Risna A.G., Nadidah Yasmin., Siti Jaharah., Auliya Najwa., A. N. F. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Belajar yang Efektif terhadap Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2 (2), 567–579.

Wardani, Wiryono, & Susatya, A. (2020). Pengaruh Umur dan Gender terhadap Sikap Peduli Lingkungan pada Masyarakat di Kampung Nelayan Sejahtera Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu. Naturalis, 9(2), 85–91.

Winei, A. A. D., Ekowati, Setiawan, A., Jenuri, Weraman, P., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar dan Kesehatan Mental Siswa. Journal on Education, 06(01), 317–327. https://jonedu.org/index.php/joe/article/download/2945/2491

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

Afifah, F. ., & Daulae, A. H. . (2025). Perbedaan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin di SMA Percut Sei Tuan. JURNAL BIOSHELL, 14(1), 151–159. https://doi.org/10.56013/bio.v14i1.3961

Issue

Section

Articles