Efektivitas Media Video Berbasis PjBL untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Tata Surya
DOI:
https://doi.org/10.56013/bio.v14i2.4041Keywords:
Tata surya, IPAS, Project Based Learning, Pemahaman konsepAbstract
Tidak semua materi yang ada di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) dapat diamati secara langsung oleh siswa, sehingga membutuhkan media ajar yang tepat untuk mendukung pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan video untuk media pembelajaran dalam penerapan pembelajaran berbasis projek agar pemahaman konsep peserta didik pada materi tata Surya dalam mata pelajaran IPAS dapat meningkat. Penelitian dilakukan di SDN Rungkut Menanggal 1/582 Surabaya pada 34 siswa kelas VI dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai siswa dari 62,91 pada siklus I menjadi 73,82 di siklus II dan meningkat lagi menjadi 81,00 pada siklus III. Ketuntasan belajar juga meningkat dari 41% pada siklus I menjadi 71% pada siklus II, dan mencapai 82% pada siklus III. Kombinasi media dan model pembelajaran ini memfasilitasi pemahaman konsep secara menyeluruh sekaligus meningkatkan motivasi belajar. Kesimpulannya, pemahaman konsep dan hasil belajar siswa dengan penggunaan video sebagai media pembelajaran dan penerapan pembelajaran berbasis projek pada materi tata surya dapat ditingkatkan.
References
Abdurrahman, A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Media Planetarium pada Siswa Kelas VI SDN Semundal Tahun Pelajaran 2018/2019. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(2), 308–315. https://doi.org/10.58258/jisip.v3i2.761
Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3). https://doi.org/10.1177/2158244020938702
Astuti, R., Nisak, N. M., Nadlif, A., & Wulan Hajjatul Zamzania, A. (2021). Animated video as a Media for Learning Science in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012051
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102(November 2019), 101586. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586
Harianti, R., & Amin, S. (2016). Pola Asuh Orangtua Dan Lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Curricula, 2(2), 20–30. https://doi.org/10.22216/jcc.v2i2.983
Khulaifatuzzahra, I., Arni, Y., Rianti, D. N., & Fathier, S. C. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pembelajaran IPAS, Tentang Pengenalan Sistem Tata Surya Sekolah Dasar Kelas Tinggi di Sumatera Selatan. 5(3), 1–23.
López, M. M. L., Meléndez, H. V., & Gámez, M. R. (2020). Project-based learning strategy: An innovative proposal for local education system. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(1), 1666–1681. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I1/PR200267
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Maulida, A. P. N., Khotimah, K., Pradhana, K. W. A., Maulidiya, M., Annisa, N. N., Triwahyuni, R. Y., & Sugiyanto. (2019). Implementasi Model Project Based Learning. 4(2). https://doi.org/10.17977/um065.v3.i10.2023.4
Ningrum, P. P., & Dahlan, Z. (2023). Pengembangan Medıa Swıvel Wheel Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa Pada Mata Pelajaran IPS Dı Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 250–262. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5363
Nugraha, M. T., & Isyatul Mardiyati. (2024). Innovations in Project-Based Learning (PBL) Strategies for Elementary School Students. International Journal of Basic Educational Research, 1(2), 35–40. https://doi.org/10.14421/ijber.v1i2.9645
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168Media Video Pembelajaran Dalam Men. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1).
Putri, A. G., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Video Animasi Materi Sistem Tata Surya Berorientasi Problem Based Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 106–116. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.45842
Putri, N. P. A., Sudarma, I. K., & Astawan, I. G. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Nalar Kritis dan Literasi Sains Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 3698–3710. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7336
Rambe, A. H., Aufa, A., Gustiani, G., Mawaddah, M., & ... (2022). Sharing Media Pembelajaran Kreatif antara Mahasiswa dan Guru untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 1607–1611. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3169%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3169/2660
Riyatuljannah, T. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Konstruktivisme. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 45–53. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3524
Safitri, R., & Prastowo, A. (2024). Implementation of Science Learning Based on Animated Videos in Elementary School. Pionir: Jurnal Pendidikan, 13(1), 55–67. https://doi.org/10.22373/pjp.v13i1.21467
Sholeha, Fikriyah, A., Mochammad Ahied, Hadi, W. P., & Yamin. (2023). Jurnal Inovasi Pendidikan Sains ( JIPS ). Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS, 4(1), 10–16.
Sitorus, I. S., & Irsan, I. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Video Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 137958 Tanjungbalai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 9136–9149. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13772
Unyil, I., Sugiyono, & Kartono. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Metode Scramble Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/28287/75676578335
Widayati, T. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SD pada Mata Pelajaran Matematika pada Konsep Perkalian melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Abad Ke-21, 1(1), 43–49. https://doi.org/10.53889/jpak.v1i1.207
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yang, D., Skelcher, S., & Gao, F. (2021). An investigation of teacher experiences in learning the project-based learning approach. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(4), 490–504. https://doi.org/10.11591/edulearn.v15i4.20302

Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yessi Rizki Meirina, Sonia Ella Noer Aini, Sutji Rahayu Rahma Maulidah, Qurrotul Uyun , Sita Resmi Sulistyowati, Tri Asih Handayani, Imas Srinana Wardani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.