Vol. 13 No. 1 (2025): Mei

Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan Konseling adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Jember. Pada edisi terbitan Vol. 13 No. 1 Tahun 2025, memuat delapan artikel yang menggambarkan respons inovatif terhadap tantangan pendidikan, karakter, dan kesejahteraan psikososial. Artikel pertama mengkaji efektivitas metode Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan. Artikel kedua menyoroti konseling kelompok teknik modelling sebagai pendekatan untuk memperkuat ketahanan akademik siswa. Artikel ketiga membahas kesabaran dan penyesuaian diri guru dalam pembelajaran anak tunanetra, menekankan pentingnya sensitivitas dalam pendidikan inklusif. Artikel keempat mengeksplorasi relevansi teori Piaget dan Erikson dalam pembentukan karakter dan kognisi anak di era digital. Artikel kelima mengulas peran orang tua dalam pembentukan identitas anak melalui pendekatan ontologi attachment. Sementara itu, artikel keenam mengangkat pengaruh pola asuh orang tua terhadap interaksi sosial siswa SD, berdasarkan kajian literatur. Artikel ketujuh menampilkan penerapan model Project Based Learning (PJBL) pada materi matematika sebagai strategi untuk meningkatkan hasil belajar. Terakhir, artikel kedelapan membahas dukungan sosial sebagai pelindung stres karier pada dewasa awal, khususnya dalam menghadapi quarter-life crisis. Keseluruhan artikel menunjukkan sinergi antara inovasi pedagogis, pendekatan psikologis, dan nilai-nilai kemanusiaan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan secara holistik.
Articles
-
Studi literatur: Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan
DOI : https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.3959
Abstract View: 0,
pdf Download: 0
-
Efektifitas Konseling Kelompok Teknik Modelling untuk Meningkatkan Ketahanan Akademik Siswa
DOI : https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.4127
Abstract View: 0,
pdf Download: 0
-
Analisis Kesabaran dan Penyesuaian Diri Guru dalam Proses Pembelajaran Pada Anak Tunanetra
DOI : https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.3526
Abstract View: 0,
pdf Download: 0
-
Relevansi Teori Perkembangan Piaget dan Erikson dalam Pembentukan Karakter dan Kognisi Anak di Era Digital
DOI : https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.3739
Abstract View: 0,
pdf Download: 0
-
Ontologi Attachment dalam Dinamika Keluarga: Peran Orang Tua dalam Pembentukan Identitas Anak
DOI : https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.3600
Abstract View: 0,
pdf Download: 0
-
Pola Asuh Orang Tua dan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur
DOI : https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.4208
Abstract View: 0,
pdf Download: 0