Vol. 13 No. 1 (2025): Mei

					View Vol. 13 No. 1 (2025): Mei

Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan Konseling adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Jember.  Pada edisi terbitan Vol. 13 No. 1 Tahun 2025, memuat delapan artikel yang menggambarkan respons inovatif terhadap tantangan pendidikan, karakter, dan kesejahteraan psikososial. Artikel pertama mengkaji efektivitas metode Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan. Artikel kedua menyoroti konseling kelompok teknik modelling sebagai pendekatan untuk memperkuat ketahanan akademik siswa. Artikel ketiga membahas kesabaran dan penyesuaian diri guru dalam pembelajaran anak tunanetra, menekankan pentingnya sensitivitas dalam pendidikan inklusif. Artikel keempat mengeksplorasi relevansi teori Piaget dan Erikson dalam pembentukan karakter dan kognisi anak di era digital. Artikel kelima mengulas peran orang tua dalam pembentukan identitas anak melalui pendekatan ontologi attachment. Sementara itu, artikel keenam mengangkat pengaruh pola asuh orang tua terhadap interaksi sosial siswa SD, berdasarkan kajian literatur. Artikel ketujuh menampilkan penerapan model Project Based Learning (PJBL) pada materi matematika sebagai strategi untuk meningkatkan hasil belajar. Terakhir, artikel kedelapan membahas dukungan sosial sebagai pelindung stres karier pada dewasa awal, khususnya dalam menghadapi quarter-life crisis. Keseluruhan artikel menunjukkan sinergi antara inovasi pedagogis, pendekatan psikologis, dan nilai-nilai kemanusiaan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan secara holistik.

Published: 2025-05-31

Articles