Vol. 13 No. 1 (2025): Mei
 
			
		
							Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan Konseling adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Jember. Pada edisi terbitan Vol. 13 No. 1 Tahun 2025, memuat delapan artikel yang menggambarkan respons inovatif terhadap tantangan pendidikan, karakter, dan kesejahteraan psikososial. Artikel pertama mengkaji efektivitas metode Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan. Artikel kedua menyoroti konseling kelompok teknik modelling sebagai pendekatan untuk memperkuat ketahanan akademik siswa. Artikel ketiga membahas kesabaran dan penyesuaian diri guru dalam pembelajaran anak tunanetra, menekankan pentingnya sensitivitas dalam pendidikan inklusif. Artikel keempat mengeksplorasi relevansi teori Piaget dan Erikson dalam pembentukan karakter dan kognisi anak di era digital. Artikel kelima mengulas peran orang tua dalam pembentukan identitas anak melalui pendekatan ontologi attachment. Sementara itu, artikel keenam mengangkat pengaruh pola asuh orang tua terhadap interaksi sosial siswa SD, berdasarkan kajian literatur. Artikel ketujuh menampilkan penerapan model Project Based Learning (PJBL) pada materi matematika sebagai strategi untuk meningkatkan hasil belajar. Terakhir, artikel kedelapan membahas dukungan sosial sebagai pelindung stres karier pada dewasa awal, khususnya dalam menghadapi quarter-life crisis. Keseluruhan artikel menunjukkan sinergi antara inovasi pedagogis, pendekatan psikologis, dan nilai-nilai kemanusiaan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan secara holistik.
Full Issue
Articles
- 
						
	
Studi literatur: Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan DOI :
			
			https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.3959 DOI :
			
			https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.3959
  Abstract View: 106, Abstract View: 106, pdf Download: 85 pdf Download: 85
- 
						
	
Efektifitas Konseling Kelompok Teknik Modelling untuk Meningkatkan Ketahanan Akademik Siswa DOI :
			
			https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.4127 DOI :
			
			https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.4127
  Abstract View: 91, Abstract View: 91, pdf Download: 81 pdf Download: 81
- 
						
	
Analisis Kesabaran dan Penyesuaian Diri Guru dalam Proses Pembelajaran Pada Anak Tunanetra DOI :
			
			https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.3526 DOI :
			
			https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.3526
  Abstract View: 108, Abstract View: 108, pdf Download: 87 pdf Download: 87
- 
						
	
Relevansi Teori Perkembangan Piaget dan Erikson dalam Pembentukan Karakter dan Kognisi Anak di Era Digital DOI :
			
			https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.3739 DOI :
			
			https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.3739
  Abstract View: 763, Abstract View: 763, pdf Download: 1233 pdf Download: 1233
- 
						
	
Ontologi Attachment dalam Dinamika Keluarga: Peran Orang Tua dalam Pembentukan Identitas Anak DOI :
			
			https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.3600 DOI :
			
			https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.3600
  Abstract View: 245, Abstract View: 245, pdf Download: 306 pdf Download: 306
- 
						
	
Pola Asuh Orang Tua dan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur DOI :
			
			https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.4208 DOI :
			
			https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.4208
  Abstract View: 94, Abstract View: 94, pdf Download: 96 pdf Download: 96
- 
						
	
Penerapan Model Project Based Learning (PJBL) pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa DOI :
			
			https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.4033 DOI :
			
			https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.4033
  Abstract View: 80, Abstract View: 80, pdf Download: 58 pdf Download: 58
- 
						
	
Dukungan Sosial sebagai Penyangga Stres Karier pada Dewasa Awal: Telaah Literatur Tematik tentang Quarter-Life Crisis DOI :
			
			https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.3724 DOI :
			
			https://doi.org/10.56013/edu.v13i1.3724
  Abstract View: 261, Abstract View: 261, pdf Download: 364 pdf Download: 364
 
						












 a
a 



