About the Journal

Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan Konseling is a journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education, Islam University of Jember. First publish was in November 2013 with p-ISSN: 2354-6263, then e-ISSN: 2654-4814 was published in November 2018. This journal is published in May and November in a year. This journal covers the research results and literature review for publication, in the field of education, teaching, learning, and guidance and counseling, and opens to all recomended writer. It is hoped for sharing the pedagogy knowledges and experiences among scholars and citizen who are eager to read and write articles.

Current Issue

Vol. 12 No. 2 (2024): November
					View Vol. 12 No. 2 (2024): November

Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Bimbingan dan Konseling adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Jember.  Pada edisi terbitan Vol. 12 No. 2 Tahun 2024, memuat beragam topik inovatif dalam dunia pendidikan, mencakup pengembangan keterampilan, kesejahteraan emosional, dan transformasi layanan pembelajaran. Artikel pertama membahas penggunaan teknologi kecerdasan buatan seperti ChatGPT untuk meningkatkan keterampilan menulis deskriptif mahasiswa, sedangkan artikel kedua mengeksplorasi praktik mindfulness dan refleksi spiritual sebagai cara untuk meningkatkan kesejahteraan emosional santri. Implementasi Kurikulum Merdeka yang berfokus pada kesejahteraan siswa melalui mediasi kepercayaan diri menjadi sorotan dalam artikel ketiga, sementara artikel keempat mengkaji kecemasan karir pada siswa dan mahasiswa serta strategi mengatasinya. Inovasi layanan bimbingan konseling berbasis digital pasca-pandemi, yang berkontribusi pada pembentukan karakter dan prestasi siswa, diulas dalam artikel kelima. Nilai-nilai Pancasila yang diintegrasikan dalam materi pengajaran menulis bahasa Inggris oleh mahasiswa microteaching menjadi fokus artikel keenam, yang menekankan pentingnya pendidikan karakter. Di sisi lain, penerapan model role playing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi sistem pencernaan manusia dibahas dalam artikel ketujuh. Terakhir, metode "Voice Note Friend" untuk mendorong siswa pemalu dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Inggris menjadi topik pada artikel kedelapan. Semua artikel ini mencerminkan upaya strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui teknologi, pendekatan holistik, dan inovasi pedagogis.

Published: 2024-11-30

Articles

View All Issues