Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.56013/jpm.v10i1.2971Keywords:
kulitas pelayanan publik , pandemic covid-19.Abstract
Di Indonesia sebenarnya pemerintah tidak tinggal diam dalam upaya peningkatan pelayanan publik,apalagi pada saat masa pandemic covid-19 saat ini. Peningkatan kualitas pelayanan sangat diperlukan saat ini dikarena berlakunya social distancing agar penyebaran virus corona ini terhenti. Sehingga peningkatan kualitas pelayan publik dapat dirasakan oleh masyarakat meskipun pada saat wabah virus corona ini semakin hari semakin memburuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kualitas pelayanan di tengah wabah yang sedang mengepung seluruh dunia ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literasi dengan mengumpulkan berbagai literasi, buku dan jurnal penelitian yang membahas berbagai inovasi peningkatan kualitas pelayanan publik di masa pandemic covid-19 ini. Teori yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah lima dimensi tentang kualitas pelayanan publik.Hasil dari penelitian ini adalah pada dimensi pertama perlunya peningktan penampilan fasilitas fisik, peralatan, dan personil .di masa pandemic covid-19 ini. Kedua, syarat untuk peduli, memberi perhatian pribadi bagi pelanggan agar masyarkat merasa nyaman saat memperoleh pelayanan. Ketiga, Kemampuan untuk melaksanakan jasa yang dijanjikan dengan tepat dan terpercaya agar masyarakat puas pada pelayanan yang diberikan. Keempat, kemauan untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat atau tanggap harus tinggi. Kelima, pengetahuan dan kesopanan karyawan serta kemampuan mereka untuk menimbulkan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat.