Pengaruh Kampanye Prabowo Gibran di Tiktok terhadap Pilihan Politik .

Authors

  • Muhammad Hermawan Universitas Islam Jember
  • Abdul Latief Najmuddin Universitas Islam Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/jpm.v11i1.3004

Keywords:

Pengaruh, Kampanye, Pilihan Politik

Abstract

Tahun 2024 adalah tahun politik karena Indonesia akan menyelenggarakan pemilu serentak, dalam pemilu serentak ini Terdapat beberapa jenis pemilu salah satunya adalah pemilihan presiden dan wakil presiden. Para calon presiden dan calon wakil priden ini akan berebut untuk mendapatkan suara rakyat untuk bisa memimpin indonesia. Berbagai cara akan dilakukan untuk memperoleh suara terbanyak salah satunya adalah dengan kampanye. Kampanye bisa dilakukan  langsung ke masyarakat atau bisa juga lewat media elektronik seperti televisi. Tapi, Seiring kemajuan teknologi, kini kampanye bisa dilakukan menggunakan sosial media untuk mendulang suara, karena pada saat ini hampir semua orang menggunakan sosial media. Salah satunya adalah pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. yang melakukan kampanye dengan video lewat media sosial. Prabowo Gibran memanfaatkan media sosial salah satunya mengunakan media sosial tiktok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh video kampanye Prabowo Gibran di media sosial tiktok terhadap pilihan politik warga RT 002/RW 002 dusun Sumberjati desa Candijati kecamatan Arjasa kabupaten Jember. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif atau hubungan. Dalam penelitian ini sudah ditemukan bahwa memiliki 140 populasi, kemudian peneliti menggunakan rumus slovin untuk mencari sampel dan mengasil 58 sampel dan untuk penghambilan sampelnya mengunakan nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kampanye Prabowo-Gibran berpengaruh terhadap pilihan politik warga hal itu dapat dilihat dari hasil uji regresi linear sederhana yang bernilai positif dengan persamaan Y= 6,944 +0,454X serta hasil uji yang menunjukkan bahwa thitung (4,992) lebih besar dari > ttabel (2,003) maka disimpulkan bahwa video kampanye(X) berpengaruh terhadap pilihan politik warga(Y)

Downloads

Published

2024-07-02

Issue

Section

Articles