Peningkatan Kemampuan Siswa Memahami Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Menggunakan Media Dakota Mata Pelajaran Matematika pada Kelas IV di MIMA Darus Salam Wuluhan
Abstract
Penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman dan hasil belajar siswa dalam operasi hitung perkalian dan pembagian dengan menggunakan media pembelajaran dakota dalam operasi hitung perkalian dan pembagian. Jenis penelitain yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpuulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis model interaktif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes. Data hasil tes merupakan tes formatif pada tiap akhir siklus hanya 3 anak yang tuntas dengan nilai rata – rata kelas saat pelaksanaan pre tes hanya 31,5%. Aktivitas belajar siswa salama proses pembelajaran pada siklus I mencapai kriteria BAIK. Pada siklus II terlihat siswa lebih aktif kerika pembelajaran. Aktivitas belajar siswa pada siklus II mencapai kriteria SANGAT BAIK, dan telah mencapai kriteria aktivitas belajar yang semakin meningkat. Hal ini menunjukan terjadinya peningkatan pada aktivitas belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa masih kurang maksimal. Ada 9 yang belum tuntas dengan nilai rata – rata kelas 71,5%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat. Hanya ada 1 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata – rata kelas 88,9%. Disimpulkan bahwa penggunaan media Dakota dapat meningkatkan kemapuan siswa dalam operasi hitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV MIMA Darus Salam.
Key Words Perkalian, Pembagian, Media Dakota
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jasuli Jasuli, Anis Rofi Hidayah, Ukhuwah Islamiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.