Peningkatan Kemampuan Siswa Memahami Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Menggunakan Media Dakota Mata Pelajaran Matematika pada Kelas IV di MIMA Darus Salam Wuluhan

Authors

  • Anis Rofi Hidayah Universitas Islam Jember
  • Ukhuwah Islamiyah Universitas Islam Jember

Abstract

Penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman dan hasil belajar siswa dalam operasi hitung perkalian dan pembagian dengan menggunakan media pembelajaran dakota dalam operasi hitung perkalian dan pembagian. Jenis penelitain yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpuulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang peneliti gunakan adalah analisis model interaktif. Hasil penelitian yang diperoleh berupa hasil tes. Data hasil tes merupakan tes formatif pada tiap akhir siklus hanya 3 anak yang tuntas dengan nilai rata – rata kelas saat pelaksanaan pre tes hanya 31,5%. Aktivitas belajar siswa salama proses pembelajaran pada siklus I mencapai kriteria BAIK. Pada siklus II terlihat siswa lebih aktif kerika pembelajaran. Aktivitas belajar siswa pada siklus II mencapai kriteria SANGAT BAIK, dan telah mencapai kriteria aktivitas belajar yang semakin meningkat. Hal ini menunjukan terjadinya peningkatan pada aktivitas belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa masih kurang maksimal. Ada 9  yang belum tuntas dengan nilai rata – rata kelas 71,5%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat. Hanya ada 1 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata – rata kelas 88,9%. Disimpulkan bahwa penggunaan media Dakota dapat meningkatkan kemapuan siswa dalam operasi hitung perkalian dan pembagian pada siswa kelas IV MIMA Darus Salam.

 

Key Words Perkalian, Pembagian, Media Dakota

Published

2023-04-13

How to Cite

Hidayah, A. R., & Islamiyah, U. . (2023). Peningkatan Kemampuan Siswa Memahami Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Menggunakan Media Dakota Mata Pelajaran Matematika pada Kelas IV di MIMA Darus Salam Wuluhan. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 27–35. Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1248

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar