PENERAPAN METODE YANBUA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA DAN MENULIS AL-QURAN

Case Study of TPQ Al-Ghofilin Talangsari Jember

Authors

  • Marfuah UIJ
  • Anis Rofi Hidayah Universitas Islam Jember
  • Ummu Khoirotin Nafiah Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/alashr.v8i2.2929

Abstract

Abstrak: Pokok pertama materi Pendidikan Agama Islam pada dasarnya adalah Al-Qur’an, Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Ghofilin merupakan Taman Pendidikan Al-Qur’an yang menggunakan metode Yanbu’a untuk memperbaiki bacaan Jilid anak dengan baik dan benar. Metode yanbu’a merupakan metode yang harus memperhatikan kaidah-kaidah sesuai dengan ilmu tajwid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala TPQ Al-Ghofilin, Ustadz atau Ustadzah TPQ Al-Ghofilin masing-masing jilid, santri TPQ Al-Ghofilin. Tekhnik pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis datan menggunakan teknik kualitatif, triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Penerapan Metode Yanbu’a untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an adalaha) Pengulangan Jilid. b) Belajar membaca huruf Satu sampai huruf yang disambung. c) Dianjurkan memakai siwak. d) Mengaji sebanyak 5 sampai 10 kali sebelum melakukan sorogan. e) Membaca Jilid sesuai dengan Ilmu Tajwid dan Ghorib. f) Bacaan yang terdapat didalam Al-Qur’an. Sedangkan ketika santri menulis bisa dilakukan dengan metode menyalin (mencontoh, menebali) menyambung dan menulis sebagian ayat yang terdapat didalam Al-Qur’an.

Kata Kunci : Metode Yanbu’a; Kualitas Membaca; Menulis Al-Qur’an.

Published

2024-06-26

How to Cite

Marfuah, Anis Rofi Hidayah, & Ummu Khoirotin Nafiah. (2024). PENERAPAN METODE YANBUA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MEMBACA DAN MENULIS AL-QURAN: Case Study of TPQ Al-Ghofilin Talangsari Jember. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(2), 116–123. https://doi.org/10.56013/alashr.v8i2.2929

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar