Implementasi Media Pembelajaran Gambar Seri dalam Upaya meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di MIMA Zainul Hasan Balung

Authors

  • Agus Zainudin Universitas Islam Jember
  • Beby Dwi Febriyanti Universitas Islam Jember
  • hidayatul Khoiriyyah Al-Ulya Universitas Islam Jember

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar berseri dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V MIMA Zainul Hasan Balung, Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Miles dan Huberman yakni diawali dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat pada siklus I, pada tahap pelaksanaan diperoleh data yakni dari keseluruhan siswa kelas VB yang berjumlah 26 siswa diperoleh jumlah nilai sebanyak 1765 dengan nilai rata-rata yakni 67,8. Nilai rata-rata ini didapatkan dari penjumlahan seluruh perolehan nilai siswa kemudian dibagi dengan jumlah siswa. Pada siklus I ini, siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal hanya berjumlah 11 orang atau dinyatakan dalam persentase yakni sebesar 42%. Sedangkan 15 siswa lainnya belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal atau jika dipersentasikan sebesar 58%. Hasil penelitian yang didapat pada siklus II pada tahap pelaksanaan dari keseluruhan siswa diperoleh jumlah nilai sebanyak 2206 dengan nilai rata-rata yakni 84,8. Pada siklus II ini seluruh siswa mencapai nilai ketuntasan minimal yakni sebanyak 26 orang dan jika dinyatakan dalam persentase yakni sebesar 100%. Hal ini tentu sudah melebihi dari indikator keberhasilan yang telah ditentukan oleh peneliti yakni sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media gambar seri yang disediakan guru sangat membantu siswa kelas V Mima Zainul Hasan dalam menghasilkan karangan dan terdapat peningkatan kemampuan pencapaian nilai KKM.

 

Key Words : Media, Gambar Seri, Keterampilan Menulis

Author Biography

Agus Zainudin, Universitas Islam Jember

Fakultas Tarbiyah UIJ

Published

2023-04-13

How to Cite

Zainudin, A., Dwi Febriyanti, B., & Khoiriyyah Al-Ulya, H. . (2023). Implementasi Media Pembelajaran Gambar Seri dalam Upaya meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di MIMA Zainul Hasan Balung . Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 56–73. Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/1250

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar