PENGARUH PEMBELAJARAN JEOPARDY TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56013/alashr.v7i2.1697Keywords:
Pembelajaran Jeopardy; Ketrampilan BerbahasaAbstract
Keterampilan berbicara tidak hanya berperan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, tetapi juga berperan penting dalam pembelajaran lainnya, sehingga perlu dikembangkan demi keberhasilan peserta didik dalam pendidikan dan dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Jeopardy pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV terhadap keterampilan berbicara. Penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV yang berjumlah 50 peserta didik yaitu kelas IV A yang berjumlah 25 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang berjumlah 25 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan tes keterampilan berbicara berbentuk lembar teks cerita yang valid dan reliabel. Untuk pengujian hipotesis penelitian ini digunakan uji t, dari hasil uji t aspek pelafalan diperoleh thitung = 0,198 < ttabel = 0,396 sedangkan dari hasil uji t aspek intonasi diperoleh thitung = 0,000 < ttabel = 0,396, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil ini menunjukan bahwa pembelajaran jeopardy berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SD 30 Negeri Gresik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.