PENGARUH PEMBELAJARAN JEOPARDY TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nur Laili Alfi Syahro PGSD
  • Nanang Khoirul Umam Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Arya Setya Nugroho Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.56013/alashr.v7i2.1697

Keywords:

Pembelajaran Jeopardy; Ketrampilan Berbahasa

Abstract

Keterampilan berbicara tidak hanya berperan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, tetapi juga berperan penting dalam pembelajaran lainnya, sehingga perlu dikembangkan demi keberhasilan peserta didik dalam pendidikan dan dalam kehidupan bermasyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Jeopardy pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV terhadap keterampilan berbicara. Penelitian ini merupakan metode penelitian kuantitatif menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV yang berjumlah 50 peserta didik yaitu kelas IV A yang berjumlah 25 sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B yang berjumlah 25 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan tes keterampilan berbicara berbentuk lembar teks cerita yang valid dan reliabel. Untuk pengujian hipotesis penelitian ini digunakan uji t, dari hasil uji t aspek pelafalan diperoleh thitung = 0,198 < ttabel = 0,396 sedangkan dari hasil uji t aspek intonasi diperoleh thitung = 0,000 < ttabel = 0,396, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil ini menunjukan bahwa pembelajaran jeopardy berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV UPT SD 30 Negeri Gresik 

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Alfi Syahro, N. L., Umam, N. K. ., & Nugroho, A. S. . (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN JEOPARDY TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 120–132. https://doi.org/10.56013/alashr.v7i2.1697

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar