Kolaborasi model salafi dan khalafi dalam pendidikan pesantren dan implikasinya Terhadap upaya peningkatan mutu santri Di Pondok Pesantren Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember

Authors

  • Nuzzulul Ulum Jember

Abstract

Abstrak: Pesantren merupakan realisasi upaya pembaharuan sistem pendidikan Islam, yaitu upaya penyempurnaan sistem pesantren. Penyempurnaan sistem ini sangat dipengaruhi oleh pola pendidikan maupun karakteristik yang dimiliki pesantren, seperti pesantren model klasik (salafí) ataupun pesantren modern (khalafí) atau model terpadu dari keduanya (pesantren plus). Alasan pokok munculnya pesantren adalah untuk mentransmisikan Islam tradisional sebagaimana yang terdapat dalam kitab-kitab klasik yang ditulis berabad-abad yang lalu. Kitab–kitab ini dikenal di Indonesia sebagai kutub al-turost atau kitab kuning.

Dalam penelitian ini yang menjadi masalah pokok adalah bagaimana kolaborasi model salafi dan khalafi dalam pendidikan pesantren dan implikasinya terhadap upaya peningkatan mutu santri di PP. Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-diskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan berperan serta, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan penentuan informan digunakan teknik snow-ball. Data yang sudah terkumpul di analisis dengan teknik analisis data display, reduksi, dan verifikasi. Untuk menghindari kesalahan maka diadakan pemeriksaan keabsahan data dengan teknik trianggulasi. Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa bentuk kolaborasi model salafi dan khalafi adalah pola salafi yang dikombinasikan dengan pola khalafi seperti pola sentralistik pesantren yang ada pada kyai kemudian di implementasikan oleh badal kyai atau pengurus dengan menggunakan manajemen yang baik, dan pelaksanaan metode pendidikan salafi dengan metode khalafi seperti praktikum kitab kuning, dan pengajaran di sekolah formal yang menggunakan sistem bandongan. Sedangkan implikasinya meningkatnya minat masuk santri, semakin semangat dan tidak mudah jenuh dalam belajar dan mengaji.

Kata kunci : Kolaborasi, model salafi dan khalafi

Published

2019-09-19

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar