STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI RA RAUDLATUTL WIDAIN KALIWATES JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.56013/alashr.v8i1.2304Keywords:
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Anak Usia DiniAbstract
Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang menjadi dasar utama untuk membutuhkan dan mengembangkan potensi. Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak tidak memiliki kesepian untuk memasuki pendidikan lebih lanjut. tujuan yang ingin dicapai dalam hal ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini. Untuk mengetahui hal itu maka digunakan beberapa metode antara lain : pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, penentuan informan, adapun yang menjadi informan adalah : Kepala sekolah, komite, guru, dan wali murid di RA Raudlatul Wilda’in Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Adapun metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi, sedangkan analisa data menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dalat dikemukakan bahwa strategi pembelajaran sangat penting dalam menanamkan Pendidikan Agama Islam melalui metode bermain, bercerita, bernyanyi dan demonstrasi. Usaha dan tugas guru itu dilaksalanakan dengan rasa tanggung jawab, sebab di sekolah gurulah yang berkewajiban melaksanakan pendidikan bagi anak didik dan ternyata guru berhasil dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini yang meliputi pendidikan Ibadah, Aqidah dan Akhlaq.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.