STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI RA RAUDLATUTL WIDA’IN KALIWATES JEMBER

Authors

  • Ida Rahmawati Jember

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang menjadi dasar utama untuk membutuhkan dan mengembangkan potensi. Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untukD membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak tidak memiliki kesepian untuk memasuki pendidikan lebih lanjut.

tujuan yang ingin dicapai dalam hal ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang bagaimana strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini. Untuk mengetahui hal itu maka digunakan beberapa metode antara lain : pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, penentuan informan, adapun yang menjadi informan adalah : Kepala sekolah, komite, guru, dan wali murid di RA Raudlatul Wilda’in Tegal Besar Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Adapun metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi, sedangkan analisa data menggunakan deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian dalat dikemukakan bahwa strategi pembelajaran sangat penting dalam menanamkan Pendidikan Agama Islam melalui metode bermain, bercerita, bernyanyi dan demonstrasi. Usaha dan tugas guru itu dilaksalanakan dengan rasa tanggung jawab, sebab di sekolah gurulah yang berkewajiban melaksanakan pendidikan bagi anak didik dan ternyata guru berhasil dalam menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini yang meliputi pendidikan Ibadah, Aqidah dan Akhlaq.

 

Keywords: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Anak Usia Dini

Downloads

Published

2024-06-26

How to Cite

Rahmawati, I. (2024). STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI RA RAUDLATUTL WIDA’IN KALIWATES JEMBER. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 65–74. Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/alashr/article/view/2304

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar