PENGARUH METODE BERNYANYI DENGAN NADA LAGU OJO DIBANDINGKE TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Maria Ulfa Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/alashr.v8i2.2409

Keywords:

Metode Bernyanyi; Penguasaan Kosa Kata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kosakata bahasa inggris dan sejauh mana peningkatan kosakata bahasa inggris menggunakan metode bernyanyi dengan lagu “Ojo Dibandingke” 4 di Mi Darul Ulum As Surur Cumedak Sumberjambe Jember. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena populasi kurang dari 100. Dan untuk menjawab rumusan masalah yang ada dan menguji hipotesis yang telah diajukan, metode pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket yang diberikan kepada siswa dan mengambil nilai Ulangan Semester Ganjil dan Semster Genap, siswa di MI. Darul Ulum As Surur Sumberjambe Jember. Dalam teknik analisis data penelitian ini memakai teknik korelasi product moment dan regresi linear sederhana dengan alat bantu SPSS 24.

Dari hasil perhitungan uji koefisien korelasi product moment sebesar 0,764 yang menunjukkan nilai Rhitung lebih besar dari Rtabel (0,764 > 0,444), sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara metode biasa dan metode bernyanyi dalam menghafal kosa kata terhadap hasil ulangan semester ganjil dan semester genap siswa. Kemudian Rhitung lebih kecil dari pada harga Rtabel (0,265 < 0,444), sehingga Ha ditolak dan H0 diterima. Artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara metode biasa dan metode bernyanyi dalam menyusun kalimat terhadap hasil ulangan semester ganjil dan semester genap siswa.

 

 

Downloads

Published

2023-09-12

How to Cite

Ulfa, M. . (2023). PENGARUH METODE BERNYANYI DENGAN NADA LAGU OJO DIBANDINGKE TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS. Al-Ashr : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(2), 85–96. https://doi.org/10.56013/alashr.v8i2.2409

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar