Author Guidlines

Format

  1. Sistematika penulisan artikel mencakup: Judul, Authors, Abstrak Pendahuluan, Telaah Literatur, Metode Penelitian, Hasil Penelitian dan Pembahasan, Simpulan, Ucapan Terima Kasih (apabila ada) dan Daftar Pustaka.
  2. Artikel diketik dengan huruf Book Antiqua ukuran 12 point dengan baris dua, spasi 1,15 pada kertas A4.
  3. Batas atas, bawah, sisi kiri dan kanan sekurang-kurangnya 2,5 cm.
  4. Artikel ditulis seefisien mungkin sesuai dengan kebutuhan, dengan panjang artikel berkisar 10 halaman.
  5. Semua halaman, termasuk referensi dan lampiran harus diberi nomor urut halaman.
  6. Penulis disarankan untuk menggunakan aplikasi Mendeley dalam penulisan sitasi dan daftar pustaka.
  7. Naskah harus mengikuti template penulisan naskah Jurnal Bioshell. Template untuk penulis dapat diunduh di tempat yang tersedia.

Sistematika Penulisan Artikel

Judul:

Ditulis dalam bahasa Indonesia terdiri dari maksimal 15 kata, spasi 1 ukuran 14 point, huruf kapital.

Authors:

Terdiri dari 1 orang atau beberapa orang, dengan menuliskan nama, afiliansi dan alamat email.

 Abstrak:

 Abstrak dalam bahasa Indonesia ditulis dengan rata kiri-kanan, dibawah informasi penulis, dengan satu spasi dan satu kolom. Kata “Abstrak” sebagai judul ditulis dalam huruf Book antiqua 10-point, tebal, rata tengah, dengan semua huruf dikapitalkan. Teks abstrak ditulis dengan huruf Book antiqua 10-point, satu spasi, sampai lebih kurang 250 kata. Sesudah abstrak bahasa Indonesia tuliskan kata kunci dari makalah tersebut dalam daftar kata kunci, terdiri atas tiga sampai lima kata dimulai dari yang paling umum dan penting dalam isi artikel. Kemudian dilanjutkan dengan abstrak bahasa Inggris.

 Pendahuluan:

Mencakup tinjauan pustaka dan memuat unsur latar belakang, permasalahan/rumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, hipotesis bila ada dapat dicantumkan, dan rancangan penelitian. Pendahuluan dituliskan dalam huruf Book Antiqua 12-point, tebal, semua huruf pertama ditulis dengan huruf kapital.

Metode Penelitian:

Mencakup lokasi dan waktu penelitian, sifat penelitian (tujuan, pendekatan, cakupan sumber data), teknik pengumpulan data dan metode analisis data. Metodologi juga mencakup penjelasan didasarkan karakteristik keilmuan (rasional, empiris dan sistematis) dengan sasaran hasil penelitian yang mutakhir, bahan dan peralatan serta metode yang digunakan (termasuk alat analisis), uraian prosedur yang dilakukan, uraian rumusan matematis dan penjelasan metode yang teperinci. 

  Hasil dan Pembahasan:

Memuat uraian sebagai berikut:

  1. Tampilan dalam bentuk tabulasi data hasil penelitian yang dilaksanakan sesuai dengan metode dan peubah yang digunakan.
  2. Analisis dan Evaluasi terhadap data tersebut sesuai dengan formula hasil kajian teoritis yang dilakukan.
  3. Agar lebih jelas, pembahasan hasil analisis dan evaluasi dapat menerapkan metode komparasi, penggunaan persamaan, grafik, gambar dan tabel.
  4. Interpretasi hasil analisis untuk memperoleh jawaban, nilai tambah dan kemanfaatan dikaitkan dengan permasalahan dan tujuan penelitian.
  5. Hasil harus menjawab permasalahan dan tujuan penelitian.
  6. Pembahasan ditulis dengan ringkas dan fokus pada interpretasi dari hasil yang diperoleh dan bukan merupakan pengulangan dari bagian hasil.

Kesimpulan:

Merupakan hasil akhir tulisan diperoleh dari hasil analisis dan pembahasan atau hasil uji hipotesis tentang fenomena yang diteliti. Kesimpulan bukan tulisan ulang dari pembahasan dan juga bukan ringkasan, melainkan penyampaian singkat dalam bentuk kalimat utuh atau dalam bentuk butir-butir kesimpulan secara berurutan. Kesimpulan harus menjawab pertanyaan dan permasalahan penelitian. Segitiga konsistensi yang penting untuk dipenuhi (masalah – tujuan – kesimpulan) sebagai upaya cek dan ricek.

Ucapan Terima Kasih:

Ucapan terima kasih disampaikan kepada orang-orang yang berkontribusi dalam penelitian, dan bukan anggota peneliti.

Daftar Pustaka:

 Memuat sumber-sumber yang diacu di dalam penulisan artikel.

Tabel dan Gambar (Grafik)

  1. Tabel dan gambar disajikan seefisien mungkin (hanya yang menyajikan hasil) dan dimasukkan ke dalam naskah. Tabel dilengkapi dengan penomoran yang diletakkan di atas tabel, sedangkan gambar dilengkapi dengan penomoran yang diletakkan di bawah gambar.
  2. Tabel dan gambar diberi nomor urut dan judul lengkap yang menunjukkan isi dari tabel atau gambar.
  3. Referensi terhadap tabel atau gambar harus diberikan pada naskah.
  4. Penulis menyebutkan pada bagian di dalam naskah, tempat pencantuman tabel atau gambar.
  5. Tabel atau gambar sebaiknya dapat diinterpretasikan tanpa harus mengacu ke naskah.
  6. Sumber Tabel dan Gambar harus disertakan.
  7. Gambar harus disiapkan dalam bentuk yang dapat dicetak.

Kebijakan tentang Plagiarisme

Setiap penulis yang menyerahkan artikel ke Jurnal Bioshell harus menyertakan bahwa naskahnya bebas dari plagiarisme dengan mengirimkan bukti hasil cek plagiarisme, maksimum 25 %. Dan artikel yang dikirim tidak sedang dipertimbangkan dan dimuat dalam jurnal lain.

Pengiriman Artikel

Artikel dikirim langsung dengan cara register di menu Jurnal Bioshell yang telah tersedia, di alamat website http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO dan akan diproses menggunakan aplikasi Open Journal System (OJS).

 Kontribusi Penulis

Submit artikel Rp 50.000,- Reviewer Rp. 100.000,- dan Publishing Rp. 50.000,-