Bullying dan Kondisi Psikososial Siswa Kelas XI IPA Sma Negeri 3 Jember

Authors

  • Amelia Dwi Prastiwi Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Arifin Nur Budiono Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Yurike Kinanthy Karamoy Universitas Islam Jember, Indonesia

Abstract

Tindakan bullying yang terjadi di lingkungan sekolah dapat menyebabkab gangguan psikologi korban dalam kehidupan bersosialnya. Peneliti melakukan penelitian di kelas XI IPA SMA Negeri 3 Jember dan di peroleh hasil analisi nilai rxy yang di daparkan adalah 0.7178. Angka ini lebih besar dari r tabel pada taraf signifikansi 0,05 yaitu 0,1809, dengan jumlah responden (N)=118. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive random Sampling sejumlah 118 sampel terdiri dari 5 kelas. Dengan memakai taraf signifikansi 0,05 dengan metode penelitian Angket, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil ini memberikan pengertian bahwa hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi “Tidak ada Pengaruh Bullying terhadap kondisi psikososial siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Jember” di tolak. Sedangkan hipotesis kerja (Ha yang berbunyi “Ada Pengaruh Bullying terhadap kondisi psikososial siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Jember” dapat di terima.

Kata Kunci : Bullying; Psikososial

 

 

 

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Dwi Prastiwi, A., Budiono, A. N., & Karamoy, Y. K. (2021). Bullying dan Kondisi Psikososial Siswa Kelas XI IPA Sma Negeri 3 Jember. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(1), 20–29. Retrieved from http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/CONS/article/view/953

Issue

Section

Artikel