PICTURE DICTATION IMPROVING LISTENING COMPREHENSION

Authors

  • Mutmainnah -
  • Endah Nur Tjendani
  • Farhan Mushaf

DOI:

https://doi.org/10.0034/edu.v2i1.73

Abstract

Masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendiktean dengan gambar dapat meningkatkan ketrampilan mendengar siswa dalam bahasa inggris. Penelitian ini dilatar belakangi oleh konsep pengajaran bahasa inggris menggunakan gambar – gambar agar siswa lebih nyaman dan tertarik dalam mengikuti kelas listening. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini terdiri atas 27 siswa pada kelas VIII, SMP 07 ma’arif Perintis Tempurejo tahun pelajaran 2011/2012. Data penelitian didapat berdasarkan hasil tes mendengarkan pendiktean kalimat atau informasi oleh guru yang diubah ke dalam bentuk gambar. Data disajikan dalam uraian deskripsi dan statistik untuk melihat peningkatan rata – rata siswa dengan membandingkan nilai rata- rata siswa pada pretes dan post-tes. Berdasarkan pre-tes,  nilai rata- rata dari 27 siswa yakni 52% mendapat nilai > 65 sedangkan pada post-tes 85% dari siswa mendapat nilai > 65. Ini menunjukkan bahwa pendikten gambar dapat meningkatkan ketrampilan mendengar siswa.

Kata kunci : Picture dictation, improving, listening comprehension

Downloads

Published

2014-05-01

How to Cite

-, M., Tjendani, E. N., & Mushaf, F. (2014). PICTURE DICTATION IMPROVING LISTENING COMPREHENSION. Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Bimbingan Dan Konseling, 2(1). https://doi.org/10.0034/edu.v2i1.73

Issue

Section

Articles