Korelasi Kajian Kitab Kuning dengan Peningkatan Hasil Belajar Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di SMP Unggulan Al- Hikmah Kesilir Wuluhan Jember

Authors

  • Achmad Faisol Universitas Islam Jember
  • Hadziq Annuha Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/fj.v1i2.1225

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi kajian kitab kuning dengan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang mengacu pada teori perkembangan kognitif para siswa. Penulis memfokuskan kelas VIII SMP Unggulan Al-Hikmah pada penelitian ini. Pembelajaran kitab kuning dan mata pelajaran al-Qur’an Hadits merupakan bidang yang sama-sama berkonteks dengan abjad arab. Dengan hal itu siswa menjadi terbiasa dengan literatur arab, yang mana hal tersebut akan memudahkannya dalam memahami dan menguasai pelajaran yang berliteratur bahasa arab. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, interview/ wawancara, dan dokumentasi. Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu Apakah ada korelasi antara kajian kitab kuning dengan peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran al-Qur,an Hadits siswa SMP Unggulan Al-Hikmah Kesilir Wuluhan Jember?. Analisis data  yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan program SPSS 26. Dengan nilai 0.006 yang menunjukkan adanya korelasi. Derajat hubungan yang diperoleh bernilai 0.484 yang dapat ditafsirkan dalam kategori sedang. Berdasarkan nilai yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara kajian kitab kuning dengan peningkatan hasil belajar pelajaran al-Qur,an Hadits dalam kategori sedang. Dan hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan diterima, dan hipotesis nihil/ nol (Ho) ditolak.

 

Kata Kunci: Kitab Kuning, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits

Downloads

Published

2022-05-01

How to Cite

Achmad Faisol, & Hadziq Annuha. (2022). Korelasi Kajian Kitab Kuning dengan Peningkatan Hasil Belajar Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di SMP Unggulan Al- Hikmah Kesilir Wuluhan Jember. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.56013/fj.v1i2.1225