Peranan Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar Terhadap Literasi Digital Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Budidaya Binjai yang diajarkan dengan Model Blended Learning
DOI:
https://doi.org/10.56013/bio.v11i2.1655Abstract
Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui peranan matakuliah ilmu alamiah dasar terhadap literasi digital mahasiswa prodi pendidikan bahasa inggris STKIP Budidaya Binjai yang diajarkan dengan model blended learning. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan bahasa inggris semester ke dua tahun ajaran genap 2021/2022 di STKIP Budidaya Binjai yang berjumlah 30 mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen menggunakan desain pre-experimental design dengan rancangan one-shot case study. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran model blended learning, tes hasil belajar matakuliah ilmu alamiah dasar pada pokok materi IPTEK, dan angket literasi digital. Data diolah secara deskriptif kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji regresi dan uji t untuk melihat pengaruh signifikan antara hasil belajar pada mata kuliah ilmu alamiah dasar dengan model blended learning terhadap literasi digital mahasiswa. Diperoleh hasil antara lain pembelajaran terlaksana baik dilihat dari persentase keterlaksanaan di atas 80%, hasil belajar rata – rata matakuliah ilmua alamiah dasar pada pokok materi IPTEK sebesar 77,83 dengan kategori B (baik), profil literasi digital mahasiswa sebesra 45,97% yang berada pada kategori sedang, dan terdapat pengaruh signifikan antara hasil belajar mata kuliah ilmu alamiah dasar yang diajar dengan model blended learning terhadap literasi digital mahasiswa prodi bahasa inggris STKIP Budidaya Binjai dengan hasil signifikasi 0,00< 0,05 artinya Ha diterima dan H0 ditolak.
Kata kunci: ilmu alamiah dasar, blended learning, literasi digital