Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Stem pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Rilla Nofita Putri Universitas Jember, Indonesia
  • Slamet Hariyadi Universitas Jember, Indonesia
  • Imam Mudakir Universitas Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/bio.v12i2.2198

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis STEM yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan modul ini juga memiliki fokus untuk memfasilitasi siswa agar dapat meningkatkan kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini mengadopsi desain penelitian pengembangan (research and development) model four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) meliputi 4 tahapan, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Data diperoleh dari need assessment peserta didik dan guru SMP, angket respon peserta didik, dan hasil pretest-postest. Selain itu, perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, Modul, soal) dan angket respon peserta didik divalidasi oleh 3 validator ahli. Kemudian, data angket dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif sedangkan hasil pretest-postest dianalisis menggunakan uji-t dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan modul pembelajaran berbasis STEM yang dikembangkan layak digunakan karena telah memperoleh persentase 91,78% dalam kategori valid, 86,76% dalam kategori praktis, dan 0,67 dalam kategori efektif. Selain itu, berdasarkan hasil postest, modul pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains dan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Nofita Putri, R. ., Hariyadi, S., & Mudakir, I. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Stem pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JURNAL BIOSHELL, 12(2), 111–119. https://doi.org/10.56013/bio.v12i2.2198