Analisis Standarisasi Laboratorium IPA di SMPN 5 Kerinci dengan Standar Laboratorium Nasional.

Authors

  • Salza Ace Lianda Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia
  • Emayulia Sastria Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia
  • Nosi Qadariah Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/bio.v14i1.3928

Keywords:

Laboratorium IPA, Standar laboratorium, Sarana laboratorium

Abstract

Laboratorium memainkan peran penting sebagai tempat aplikasi teori, uji coba, dan penelitian. Pemanfaatan laboratorium mendukung pengembangan keterampilan ilmiah siswa, mempermudah pemahaman konsep, serta meningkatkan motivasi belajar. Dalam penelitian ini, laboratorium IPA di SMPN 5 Kerinci dievaluasi kesesuaiannya dengan standar nasional. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat apakah laboratorium IPA di SMPN 5 Kerinci sudah sesuai standar yang telah ditetapkan dalam permendiknas nomor 24 tahun 2007. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif-kualitatif. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Aspek yang diamati meliputi ruang laboratorium dengan skor (71,42%) dengan kategori baik, perabot dengan skor (80,95%) dengan kategori baik, peralatan pendidikan dengan skor (69,91%) dengan kategori baik, media pendidikan dengan skor (100%) dengan kategori sangat baik dan perlengkapan lainnya dengan skor (66,66%) dengan kategori baik. Hasil penelitian secara keseluruhan laboratorium di SMPN 5 Kerinci dengan persentase skor (77,78%) dengan kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa laboratorium di SMPN 5 Kerinci sudah memenuhi standar laboratorium IPA yang dikeluarkan oleh pemerintah.

References

A.H. Sari, D. Safitri, I. Haryati, N. Anjalina, & E. Muliyah. (2023). Analisis Standarisasi Sarana dan Prasarana Laboratorium Biologi. Jurnal Pendidikan an Pembelajaran IPA Indonesia, 13 (3), 101–112. https://doi.org/10.23887/jppii.v13i3.71350

Agustina, P., Saputra, A., Qonitat, L. M., Utami, R. D., & Yohana. (2017). Kesesuaian Laboratorium Biologi sebagai Penunjang Pembelajaran Biologi di SMA Muhammadiyah se-Surakarta dengan Standar Laboratorium Biologi. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 559–564.

Daniah, D. (2020). Pentingnya Inkuiri Ilmiah pada Praktikum dalam Pembelajaran IPA untuk Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9 (1), 144–153. https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7178

Fauziah, A., & Fahrudin, A. (2022). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Biologi Umum untuk Mahasiswa Program Sarjana Prodi Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 14 (1), 1–8. https://doi.org/10.25134/quagga.v14i1.4521

Fitri, D. R. K., & Wahyu, L. (2023). Analisis Pemanfaatan Laboratorium dan Pelaksanaan Praktikum pada Pembelajaran Biologi di Laboratorium SMA. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 9 (1), 44–51. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v9i1.17392

Gusmanto, R. (2023). Manajemen Pengelolaan Alat dan Bahan di Laboratorium Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kerinci. Leader: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1 (2), 112–121. https://doi.org/10.32939/ljmpi.v1i2.3084

Gusnani, Y., Chiar, M., & Sukmawati. (2018). Pengelolaan Laboratorium IPA di Madrasah Tsanawiyah. International Conference on Teaching and Education (ICoTE), 2, 135–141. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/icote/article/view/33951

Hayati, A., & Sumarsih, S. (2020). Evaluasi Standar Sarana dan Prasarana Laboratorium IPA di Sekolah Model SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 14 (2), 60–67. https://doi.org/10.33369/mapen.v14i2.12827

Ismiyanti, N., Windasari, R., M. S, A., H.M, V., & Aziz, A. (2021). Identifikasi Standarisasi Laboratorium IPA di Salah Satu MTs Jember. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(1), 41–48. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i1.24

Kusyanti, R. N. T. (2022). Analisis Standarisasi Laboratorium Fisika dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Tempel. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8 (1), 40–47. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.404

Mastika, I. N., Adnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. N. A. (2014). Analisis Standarisasi Laboratorium Biologi dalam Proses Pembelajaran di SMA Negeri Kota Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–10.

Meita, N. M. (2018). Standardisasi Laboratorium IPA SMPN 3 Sumenep. PENDIPA Journal of Science Education, 2 (2), 227–234. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.3.227-234

Munarti, M., & Sutjihati, S. (2018). Standar Sarana Prasarana Laboratorium IPA Sekolah Menengah Atas di Wilayah Bogor. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (1), 56–62. https://doi.org/10.33751/pedagog.v2i1.743

Nurhadi, A. (2018). Manajemen Laboratorium Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4 (01), 1. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.832

Nurhayati, N. (2022). Laboratorium sebagai Sarana Pembelajaran IPA dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Kerja Ilmiah. Jurnal Literasiologi, 8 (1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i1.351.

Pratiwi, I. B., Hamidah, & Azani, Z. (2023). Analisis Tata Kelola Peralatan dan Bahan Laboratorium pada SMA Negeri 3 Langsa. KATALIS: Jurnal Penelitian Kimia dan Pendidikan Kimia, 5 (2), 42–45. https://doi.org/10.33059/katalis.v5i2.7021

Rahmantiyoko, A., Sunarmi, S., Rahmah, K., Slamet, D. (2019). Keselamatan dan Keamanan Kerja Laboratorium. IPTEK Journal of Proceedings Series, 4, 36–38.

Retnaningsih, C. (2023). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 6 Buntok. Jurnal Saintifik (Multi Science Journal), 21 (1), 17–24. https://doi.org/10.58222/js.v21i1.122

Rosa, N. M., & Nursa’adah, F. P. (2018). Kontribusi Laboratorium Kimia dan Sikap Siswa terhadap Pemanfaatan Laboratorium terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7 (3), 198–206. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2230

Simatupang, A. C., & Sitompul, A. F. (2018). Analisis Sarana dan Prasarana Laboratorium Biologi dan Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Biologi dalam Mendukung Pembelajaran Biologi Kelas XI. Jurnal Pelita Pendidikan, 6 (2), 109–115. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.10148

Zahra, R. F., Sari, A. N., Aqila, D. N., Maharani, A., Puspitasari, N. R. N., Lajuardi, A. M., Nuraini, L., & Harijanto, A. (2024). Analisis Standarisasi Laboratorium IPA dalam Mendukung Proses Belajar Pembelajaran di MA Darus Sholah Jember. Jurnal Fisika Papua, 3 (1), 31–36. https://doi.org/10.31957/jfp.v3i1.125

Downloads

Published

2025-04-21

How to Cite

Lianda, S. A., Sastria, E. ., & Qadariah, N. . (2025). Analisis Standarisasi Laboratorium IPA di SMPN 5 Kerinci dengan Standar Laboratorium Nasional. JURNAL BIOSHELL, 14(1), 132–141. https://doi.org/10.56013/bio.v14i1.3928

Issue

Section

Articles