Penerapan Media Peta Jelajah Taman Botani Materi Bryophyta dan Pteridophyta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 01 Rambipuji

Authors

  • Ita Wahyulia Universitas Islam Jember
  • Haning hasbiyati Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember
  • Diah sudiarti Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.36835/bio.v9i1.751

Abstract

Media merupakan salah satu alat bantu yang digunakan oleh guru dalam roses pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa rendah, dimana nilai hasil belajar siswa masih banyak yang di bawah KKM, terutama pada saat ulangan harian. Jenis penelitian ini menggunakan PTK, dengan pengumpulan data menggunakan data kuantitatif yang berasal dari tes kognitif hasil belajar siswa. Dengan subyek penelitian sebanyak 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut rata- rata nilai kognitif siswa pada siklus I sebesar 81. Pada siklus II diperoleh rata-ratanilai kognitif siswa sejumlah 90, maka terjadi peningkatan sejumlah 9%. Maka penerapan media menggunakan penerapan media Peta Jelajah Taman Botani sangat efektif berasarkan hasil pencapaiaan hasl belajar siswa sehingga dapat membantu dalam keberhasilan proses pembelajaran.

Kata kunci: Hasil Belajar, Peta Jelajah, Taman Botani.

Downloads

Published

2020-04-25

How to Cite

Wahyulia, I., hasbiyati, H. ., & sudiarti, D. (2020). Penerapan Media Peta Jelajah Taman Botani Materi Bryophyta dan Pteridophyta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Muhammadiyah 01 Rambipuji. JURNAL BIOSHELL, 9(1), 5–9. https://doi.org/10.36835/bio.v9i1.751

Issue

Section

Articles