Penerapan Media Peta Jelajah Taman Botani untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MA Ma’arif Ambulu pada Materi Spermatophyta

Authors

  • Heny Windayanti Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember
  • Haning Hasbiyati Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember
  • Diah Sudiarti Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.36835/bio.v10i1.923

Abstract

Media dalam dunia pendidikan digunakan sebagai alat dan bahan dalam kegiatan pembelajaran untuk memberikan informasi dari guru  ke siswa. Berdasarkan hasil wawancara, diperoleh data hasil belajar siswa masih rendah yaitu sekitar 40 % masih di bawah KKM. Jenis penelitian ini adalah PTK. Analisis data menggunakan pendekatan kuatitatif, sedangkan metode pengumpulan data diperoleh dari tes objektif dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan Media Peta Jelajah Taman Botani. Dengan subjek penelitian berjumlah 29 orang. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh hasil rata-rata nilai kognitif siswa 87,6 meningkat menjadi 95,9 pada siklus II. Sedangkan hasil nilai ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 96,5% meningkat menjadi 100%  pada siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa pembelajaran melalui penerapan media Peta Jelajah Taman Botani sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Peta Jelajah, Taman Botani.

Downloads

Published

2021-04-25

How to Cite

Windayanti, H., Hasbiyati, H., & Sudiarti, D. (2021). Penerapan Media Peta Jelajah Taman Botani untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MA Ma’arif Ambulu pada Materi Spermatophyta. JURNAL BIOSHELL, 10(1), 1–4. https://doi.org/10.36835/bio.v10i1.923

Issue

Section

Articles