Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa MTs Raudlatus Syaban Jember

Authors

  • Itaul Hasanah Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember
  • Umi Nurjanah Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember
  • Imam Bukhori Muslim Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII C MTs Raudlatus Syabab pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, subjek penelitianmya yaitu siswa kelas VIIC MTs Raudlatus Syabab sukowono jember, dengan metode pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan tes. Hasil yang diperoleh yaitu terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2021-04-25

How to Cite

Hasanah, I., Nurjanah, U., & Bukhori Muslim, I. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa MTs Raudlatus Syaban Jember. JURNAL BIOSHELL, 10(1), 14–18. Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/929

Issue

Section

Articles