Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Snowball Throwing pada Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Authors

  • Mufidatur Rahmah Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/edu.v8i1.3029

Keywords:

Learning Model; Learning Outcomes; Snowball Throwing

Abstract

              Pembelajaran merupakan kegiatan utama dari proses pendidikan. Peneliti melakukan observasi di kelas VII MTs. Ashri Jember dan diperoleh data sekitar 85 % menunjukkan nilai siswa ≤ 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam mempelajari Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan dengan Metode Snowball Throwing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur yang digunakan adalah model siklus. Berdasarkan hasil penelitian, hasil ulangan harian siswa pada siklus I yang diperoleh rata-rata 78,75 sedangkan pada siklus II sebesar 86,84 %. Hal tersebut membuktikan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dengan diterapkannya metode Snowball Throwing. Untuk pokok bahasan tertentu, model Snowball Throwing digunakan untuk menghindari rasa jenuh dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Published

2020-05-01

How to Cite

Rahmah, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Snowball Throwing pada Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan . Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 53–61. https://doi.org/10.56013/edu.v8i1.3029

Issue

Section

Articles