Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Metode Snowball Throwing pada Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
DOI:
https://doi.org/10.56013/edu.v8i1.3029Keywords:
Learning Model; Learning Outcomes; Snowball ThrowingAbstract
Pembelajaran merupakan kegiatan utama dari proses pendidikan. Peneliti melakukan observasi di kelas VII MTs. Ashri Jember dan diperoleh data sekitar 85 % menunjukkan nilai siswa ≤ 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam mempelajari Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan dengan Metode Snowball Throwing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur yang digunakan adalah model siklus. Berdasarkan hasil penelitian, hasil ulangan harian siswa pada siklus I yang diperoleh rata-rata 78,75 sedangkan pada siklus II sebesar 86,84 %. Hal tersebut membuktikan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat dengan diterapkannya metode Snowball Throwing. Untuk pokok bahasan tertentu, model Snowball Throwing digunakan untuk menghindari rasa jenuh dalam kegiatan pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mufidatur Rahmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.