ADAPTASI PEMBELAJARAN FIQIH DI MASA PANDEMI COVID 19 KELAS VII A DI MTS AL MISRI CURAHMALANG RAMBIPUJI JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.56013/fj.v1i2.1229Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan kondisi yang berbeda, dimana proses pembelajaran berlangsung di tengah Pandemi Covid 19 yang melanda Negara Indonesia yang membuat proses pembelajaran berlangsung dengan waktu pelaksanaanya berbeda tidak seperti biasanya yang mengharuskan adanya penyesuain dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk, 1. Untuk menemukan penjelasan terkait adaptasi pembelajaran fiqih di masa pandemi Covid 19 kelas VII A di Mts Al Misri Curahmalang Rambipuji Jember, 2. Untuk menemukan penjelasan terkait adaptasi evaluasi pembelajaran fiqih di masa pandemi Covid 19 kelas VII A di Mts Al Misri Curahmalang Rambipuji Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian guru mata pelajaran fiqih, informan kepala sekolah dan siswa. Teknik pengumpulan data : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data : teknik triangulasi. Teknik analisis data : data reduction (pemilihan data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Adaptasi pembelajaran fiqih di masa pandemi Covid 19 kelas VII A di Mts Al Misri Curahmalang meliputi : a. kebijakan sekolah, b. perencanaan pembelajaran, c. penyesuaian jadwal pelajaran, d. penyesuaian metode dan media pembelajaran, e. pelaksanaan pembelajaran sesuai protokol kesehatan. 2. Adaptasi evaluasi pembelajaran fiqih di masa pandemi Covid 19 kelas VII A di Mts Al Misri Curahmalang: a. pembelajaran daring : evaluasi dilakukan dengan tes tulis, dan merangkum hasil diskusi, b. pembelajaran semi daring : evaluasi dilakukan dengan tes tulis, tes lisan, dan non tes observasi di kelas.
Kata Kunci: Adaptasi Pembelajaran Fiqih, Masa Pandemi Covid 19.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 FAJAR Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.