Dekadensi Pendidikan Moral Remaja (Study Kasus di Desa Tembok Rejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi)

Authors

  • Maria Ulfa Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/fj.v2i2.1786

Abstract

Dekadensi pendidikan moral yang melanda saat ini memang sulit untuk di bendung. Budaya lokal masyarakat yang dahulu kita ketahui sangat di junjung tinggi, sekarang terkontaminasai oleh budaya dari barat yang mengajarkan hal yang sangat bertolak belakang dengan kepribadian budaya lokal. Realitas diatas adalah masalah yang penting untuk diteliti, karena bagaimanapun kemajuan bangsa, negara serta suatu daerah itu terletak pada generasi mudanya dalam hal ini remaja. Apabila moral generasi mudanya buruk, tentu akan buruk pula yang akan terjadi dimasa mendatang.
Melihat fenomena tersebut yang terjadi pada remaja khsusnya, membuat penulis merasa perlu untuk melakukan penelitian ini. Oleh karena itu, akan dilakukan penelitian tentang: Dekadensi Pendidikan Moral Remaja (Studi Kasus di Desa Tembok Rejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi), dan Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dimana ini merupakan jenis penelitian yang berusaha untuk mengembangkan konsep, pemahaman, teori dari kondisi lapangan dan bentuk deskripsi. Penelitian kualitatif sebuah penelitian yang mendeskripsikannya melalui bahasa non- numerik dalam konteks dan paradigma alamiah. Penggunaan paradigma alamiah mengasumsikan bahwa kenyataan empirik terjadi dalam konteks sosio kultural yang saling terkait satu sama lain secara holistik.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Maria Ulfa. (2024). Dekadensi Pendidikan Moral Remaja (Study Kasus di Desa Tembok Rejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi). FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 53–66. https://doi.org/10.56013/fj.v2i2.1786