PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-QURAN PUTRI IBNU KATSIR JEMBER

Authors

  • Nuzzulul Ulum Universitas Islam Jember
  • Sirrotul Azizah Universitas Islam Jember
  • Abdul Hafidz STAI At-Taqwa Bondowoso

DOI:

https://doi.org/10.56013/fj.v2i1.1619

Keywords:

Pembelajaran; Bahasa Arab

Abstract

Bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan dalam kitab suci umat Islam yakni Al-Qur’an. Untuk memahami kitab suci Al-Qur’an tersebut, mempelajari bahasa Arab menjadi hal yang penting terutama bagi umat islam. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesanten Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember? Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berbentuk survey atau lapangan. Penentuan subjek data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis content model interaktif oleh Miles, Hubermen dan Saldana. Keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian adalah 1. Perencanaan pembelajaran bahasa Arab menyesuaikan dengan keterampilan dasar dalam berbahasa yakni, kemampuan membaca (al miftah), kemampuan berbicara (al mukhawaroh al haditsah bil lughoh arabiah), kosa kata (ilqo’ mufrodat), kemampuan menulis (muhadhoroh), kemampuan mendengar (mukhawaroh). 2. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup. 3. Evaluasi pembelajaran bahasa Arab di PPA Putri Ibnu Katsir Jember terdiri dari 2 macam yakni evaluasi  formatif untuk pembelajaran bahasa Arab al Miftah, al mukhawaroh al haditsah bil lughoh arabiah, ilqo’ mufrodat, muhadhoroh, dan  evaluasi sumatif.

 

Key Words: Pembelajaran, Bahasa Arab

Downloads

Published

2022-03-21

How to Cite

Ulum, N. ., Azizah, S. ., & Hafidz, A. (2022). PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AL-QURAN PUTRI IBNU KATSIR JEMBER. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 86–108. https://doi.org/10.56013/fj.v2i1.1619