Pengembangan Metode Pembelajaran Fiqih di MTs Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember

Authors

  • Nuzzulul Ulum Jember
  • Al Muftiyah IAI Ibrahimy Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.56013/fj.v1i2.1899

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis tentang pengembangan metode pembelajaran fiqih di MTs. Annuriyyah Kaliwining untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih dan meningkatkan pembelajarn PAI pada umumnya.

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode ceramah dalam pembelajaran fiqih Annuriyyah Kaliwining, bagaimana metode praktek dalam pembelajaran fiqih di MTs. Annuriyyah Kaliwining, Bagaimana metode evaluasi dalam pembelajaran fiqih di MTs. Annuriyyah Kaliwining.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran fiqih di MTs. Annuriyyah Kaliwining lebih menekankan pada aspek keaktifan siswa dan aktifitas siswa secara penuh dalam proses pembelajaran di kelas. Penggunaan metode pembelajarannya cukup fleksibel, artinya disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Penggunaan metode , sumber bahan pembelajaran dituangkan di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Metode pembelajaran yang dikembangkan dalam pembelajaran fiqih yakni metode ceramah, metode praktek, metode evaluasi.

 

Key word: Pengembangan metode, pembelajaran fiqih

Downloads

Published

2021-09-12

How to Cite

Ulum, N., & Muftiyah, A. . (2021). Pengembangan Metode Pembelajaran Fiqih di MTs Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 103–116. https://doi.org/10.56013/fj.v1i2.1899