IMPLIKASI KONSEP TADIB TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM KONTEKS PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Fitriyatul Hanifiyah Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/fj.v2i2.1662

Keywords:

Tadib; Karakter; PesertaDidik; Pendidikan Islam

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu fasilitator yang sangat urgen untuk mewujudkan generasi mudan atau peserta didik menjadi agen of change bagi kemajuan dan kemakmuran suatu bangsa. Pendidikan juga memiliki berbagai macam makna dalam menerapkan konsep-konsep Pendidikan di dunia nyata. Pemaknaan terhadap istilah Pendidikan juga terjadi di wilayah Pendidikan Islam. Istilah ta’dib juga dijadikan sebagai makna Pendidikan Islam. Ta’dib memiliki makna yang komprhensif, idela dan integral dalam penerapan konsep Pendidikan Islam. Tadib juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan karakter peserta didik. Oleh karenanya, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implikasi ta’dib terhadap karakter peserta didik dalam konteks Pendidikan Islam. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Research. Sedangkan Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa konsep ini memiliki makna yang sangat mendalam dan integral. Konsep ta’dib memiliki concern khusus terhadap kepribadian, akhlak atau adab peserta didik dalam mencari ilmu pengetahuan, sehingga ia dapat menggunakan dan mengamalkan pengetahuan yang telah diperolehnya dengan benar dan tepat. Oleh karena itu, peserta didik yang memiliki adab tersebut tidak akan melakukan penyalahgunaan terhadap ilmu pengetahuannya. Selain itu, peserta didik harus mempunyai keikhlasan dan kejujuran niat dalam mencari ilmu pengetahuan.

Downloads

Published

2022-09-04

How to Cite

Hanifiyah, F. . (2022). IMPLIKASI KONSEP TADIB TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM KONTEKS PENDIDIKAN ISLAM. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 158–175. https://doi.org/10.56013/fj.v2i2.1662