BIMBINGAN BELAJAR DENGAN MODEL GI (GROUP INVESTIGATION) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH TSANAWIYAH GEBANG PATRANG JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.56013/fj.v3i2.2476Keywords:
Bimbingan Belajar; Group Investigation; Hasil BelajarAbstract
Bimbingan belajar merupakan salah satu teknis pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pendidikan. Bimbingan belajar juga termasuk kategori pemberian bantuan oleh seseorang yang telah professional dalam kompetensi pedagogic, social dan kepribadian kepada seseorang yang sedang menempuh proses pembelajaran dengan tujuan untuk memperoleh pengetahuan, pengalaman dan keterampilan. Dalam pembelajaran tidak jarang ditemukan problem yang dapat menghambat hasil belajar peserta didik tidak tercapai dengan optimal. Problem tersebut berupa kesulitan dalam mengkondisikan kelas dikarenakan banyaknya peserta didik dalam satu kelas di waktu pelajaran yang sama sehingga menimbulkan terhalangnya efektifitas pembelajaran yang berdampak pada keberhasilan belajar peserta didik yang tidak tercapai sesuia harapan. Oleh karena itu, diperlukan bantuan belajar yang harus diberikan kepada peserta didik yang dalam hal ini berupa bimbingan belajar dengan model Group Investigation. Dengan begitu peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan bimbingan belajar dengan model GI (Group Investigation) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Gebang kecamatan Patrang kabupaten Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapang (Field Research). Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai hasil belajar siswa MTs Gebang Patrang mampu memenuhi nilai ketuntasan mengajar (KKM). Dengan begitu bimbingan belajar dengan model Group Investigation menunjukkan adanya peningkatan terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 FAJAR Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.