PENGARUH OUTDOOR MATHEMATICH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS)

Authors

  • Prima Cristi Crismono Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.56013/fj.v3i2.2648

Keywords:

Outdoor Mathematich; High-Order Thinking Skill; Berpikir Tingkat Tinggi; Matematika

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang melatih dan mengembangkan kemampuan berpikir. Kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) merupakan kemampuan teratas dalam tingkatan kemampuan berpikir, berdasarkan taksonomi Bloom dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif. Metode pemebelajaran matematika yang bersifat pembelajaran terpusat pada siswa adalah Outdoor Mathematich. Metode pembelajaran Outdoor Mathematich merupakan alternatif metode pemeblajaran yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi-Experiment. Hal ini dikarenakan tidak memungkinkan pemilihan sampel secara acak karena telah terbentuknya satu kelompok utuh seperti kelompok siswa dalam satu kelas, sehingga jika dilakukan lagi pengelompokan secara acak maka akan menyebabkan kekacauan jadwal pelajaran. Perbedaan rata-rata atau mean yang berarti diterimanya hipotesis kerja (H1) dengan ketentuan hipotesis kerja yang telah diajukan yaitu H_1: μ_1≠μ_2 dan berarti hipotesis nol ditolak. Besarnya perbedaan rata-rata atau mean kedua kelompok ditunjukkan pada kolom Mean Difference, yaitu -1,77419. Dikarenakan memiliki nilai negatif, maka berarti kelas konvensional/ceramah memiliki mean lebih rendah dari pada kelas Outdoor Mathematich. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data telah dilakukan dalam uji hypothesis yang diajukan di penelitian, jadi dapat ditarik kesimpulan dalam metode pembelajaran Outdoor Mathematich yang  diberikan  pada kelas eksperiment mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS)

Downloads

Published

2023-09-15

How to Cite

Crismono, P. C. (2023). PENGARUH OUTDOOR MATHEMATICH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS). FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 160–167. https://doi.org/10.56013/fj.v3i2.2648