Implementasi Program BOP PAUD dalam Meningkatkan Sarana dan Prasarana Pendidikan di Kabupaten Jember

Authors

  • Rika Amaliah Putri Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Achmad Ilyasi Universitas Islam Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/jpm.v11i2.3520

Keywords:

Implementasi Kebijakan; BOP PAUD; Sarana dan Prasarana Pendidikan

Abstract

Program Bantuan Operasional Pendidikan (BOP PAUD) telah menjadi salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Program BOP PAUD dalam meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan di TK Wahid Hasyim Jatimulyo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Implementasi George Edwards III dengan 4 (empat) dimensi yaitu Komunikasi, Sumber daya, Disposisi, dan Struktur Birokrasi. Penelitian menggunakan penelitian kualilatif deskriptif, dan penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Program BOP PAUD di TK Wahid Hasyim Jatimulyo telah memberikan dampak positif yang signifikan dalam peningkatan sarana dan prasarana pendidikan. Dari segi komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi sudah cukup baik. Bantuan yang diterima berupa dana operasional telah digunakan secara efektif untuk pembelian peralatan pembelajaran, pemeliharaan gedung, dan peningkatan kualitas ruang kelas.

Downloads

Published

2024-11-25

Issue

Section

Articles