A. Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Statistika Melalui Scaffolding

Authors

  • A. Mujib MT UNIVERSITAS ISLAM JEMBER, Indonesia
  • Syaifur Rohman Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Muhlisatul Mahmudah Universitas Islam Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/axi.v7i2.1577

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, bertujuan untuk menggali proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah statistika kelas VIII sebelum dan sesudah diberikan bantuan atau scaffolding. Subjek penelitian terdiri dari dua orang siswa kelas VIII. Penelitian dilakukan dengan memberikan  2 soal pemecahan masalah kemudian hasilnya dianalisis dan dibandingkan dengan hasil wawancara yang dilakukan terhadap subjek penelitian. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pada soal nomor 1, Subjek 1 (S1) melakukan 3 langkah proses berpikir, yaitu: memahami masalah, merencakanan penyelesaian, dan melaksanakan rencana. Perbedaan proses berpikir sebelum dan setelah scaffolding ada pada langkah kedua dan ketiga. Sedangkan Subjek 2 (S2) melakukan 3 langkah proses berpikir sama dengan S1, namun terdapat kesalahan berpikir yang dilakukan pada ketiga langkah tersebut, sehingga scaffolding diberikan secara keseluruhan. Pada soal ke dua, baik S1 maupun S2 melakukan 4 proses berpikir yaitu: memahami masalah, merencakanan penyelesaian, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali hasil penyelesaian. Scaffolding diberikan pada langkah kedua dan ketiga. Secara umum terdapat perbedaan proses berpikir siswa sebelum dan sesudah proses scaffolding.

Kata kunci: Proses Berpikir, Pemecahan Masalah, Scaffolding

 

Abstrack

 

This research is a descriptive qualitative,  aims to explore students' thinking processes in  statistical problem solving  for class VIII before and after being given assistance or scaffolding. The research subjects consisted of two eighth grade students. The research was conducted by giving two statistica problems , then the results were analyzed and compared with the results of interviews conducted on research subjects. From the results was found that in question number 1, Subject 1 (S1) carried out 3 steps of the thinking process, namely: understanding the problem, planning a solution, and implementing the plan. The difference in thought processes before and after scaffolding is in the second and third steps. While the second subject (S2) did the same three-step thought process as the first subject (S1), but there was a thinking error made by the first subject in the three steps, so the whole scaffolding was given. In the second question, both the first subject and the second subject carried out four thought processes, namely: understanding the problem, planning a solution, implementing the plan, and re-examining the results of the settlement. Scaffolding is given in the second and third steps.generally, there are differences in students' thinking processes before and after the scaffolding process.

 

Keywords: Thinking Process, Problem Solving, Scaffolding

Downloads

Published

2022-11-04

How to Cite

MT, A. M., Rohman, S., & Mahmudah, M. (2022). A. Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Statistika Melalui Scaffolding . Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(2), 149 –. https://doi.org/10.56013/axi.v7i2.1577

Issue

Section

Articles