PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI MI BUSTANUL ULUM BANGSALSARI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Abstract
Abstrak: Penggunaan Media Gambar dalam proses belajar mengajar
berperan penting karena mempunyai maksud dan tujuan yang penting
pula, yaitu untuk memberikan bantuan yang menstimulai cara berfikir
dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami peserta didik, sebagai
perantara sebuah pesan dari sumber atau pengirim untuk sampai
kepada penerima pesan dimana perantara tersebut harus dapat
merangsang pikiran, perasaan, perhatian penerima pesan (secara
umum) dan siswa (secara khusus) untuk belajar dan berfungsi untuk
mempercepat penyerapan pesan dengan maksud untuk mencapai
tujuan tertentu, khusunya untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Berdasar kepada realita yang ada di MI , maka peneliti tertarik untuk
mengangkat tema “Penggunaan media gambar dalam upaya
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di MI . Tujuan yang kami
angkat dalam skripsi ini adalah, bagaimana pelaksanaan penggunaan
media gambar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar Bahasa
indonesia di MI Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang
digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi,
interview dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data
menggunakan trianggulasi sumber.
Key Words: Media gambar, Prestasi belajr, Bahasa Indonesia,
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Al-Ashr : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.