PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DENGAN METODE EKSPERIMEN MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Vony Oktavia Munawaroh
  • Suratno -
  • Arifin Nur Budiono

Abstract

            Pembelajaran biologi yang disampaikan oleh guru selama ini kurang menarik dan tidak ada improvisasi dalam penyampaian materi . Hal ini berpengaruh terhadap minat belajar siswa yang nantinya juga membuat hasil belajar siswa rendah .Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas . Prosedur yang digunakan adalah model siklus yaitu setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan,observasi, dan refleksi .Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa  : (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode eksperimen efektif dan berpengaruh positif terhadap keaktifan, keefektifan dan prestasi siswa dalam pembelajaran Biologi; (2) Dengan metode eksperimen minat belajar siswa meningkat dari 64,94% menjadi 95,40%; (3)Meningkatnya hasil belajar rata-rata siswa dari 74 menjadi 83 dan meningkatnya ketuntasan hasil belajar siswa dari 62% menjadi 97% dengan model pembelajaran tipe STAD dengan metode eksperimen .

Kata Kunci  :  STAD ,  eksperimen , minat , hasil belajar 

Downloads

Published

2017-06-07

How to Cite

Munawaroh, V. O., -, S., & Budiono, A. N. (2017). PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD DENGAN METODE EKSPERIMEN MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. JURNAL BIOSHELL, 3(1). Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/12

Issue

Section

Articles