Uji Berbagai Media Tanam Hidroponik Sistem NFT terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Caisim (Brassica chinensis var. parachinensis) dan Kangkung (Ipomoea aquatica F.)

Authors

  • Endang Sri Wahyuni Universitas Islam Jember
  • Arifin Febrianto Universitas Islam Jember, Indonesia
  • Nanik Furoidah Universitas Islam Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/bio.v12i2.2445

Abstract

 Perkembangan industri di dunia mengalami kemajuan yang pesat, tentunya perkembangan tersebut merupakan suatu hal yang baik. Namun terdapat juga dampak negatif yang ditimbulkan oleh majunya perkembangan industri ini, salah satunya adalah beralihnya lahan pertanian. Hal ini akan menjadi permasalahan mengingat di sisi lain jumlah penduduk semakin meningkat dari waktu ke waktu sehingga harus dibarengi dengan peningkatan produksi pertanian. Salah satu jalan keluar yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi pertanian adalah dengan hidroponik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi pertumbuhan dan produksi tanaman caisim dan kangkung hidroponik menggunakan sistem NFT dan media tanam terbaik antara rockwool, flannel roll, sponge, dan dacron. Penelitian ini dilakukan di Greenhouse DnR Hydroponic Farm. Perumahan Pondok Bedadung Indah Blok. AA-01, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur dengan ketinggian 70 meter di atas permukaan laut, dimulai pada bulan November 2022 sampai dengan Januari 2023. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) faktorial 2 x 4 dengan 3 ulangan. Faktor pertama adalah tanaman (T) yaitu Caisim (T1) dan Kangkung (T2). Faktor kedua adalah media tanam (M) dengan empat taraf yaitu Rockwool (M1), Flanel (M2), Spons (M3), dan Dakron (M4). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji F menggunakan bantuan software SPSS 26 for windows pada level 0,05 dan Excell Microsoft Office. Hasil penelitian menunjukkan media tanam rockwool memberikan hasil terbaik pada parameter pengamatan lebar daun, bobot segar, bobot akar, kemudian tanaman caisim menghasilkan pertumbuhan dan produksi yang lebih tinggi dibandingkan tanaman kangkung pada parameter pengamatan panjang daun, lebar daun, panjang akar, bobot segar, bobot akar, dan tanaman caisim dengan media tanam rockwool menghasilkan pertumbuhan dan produksi tertinggi pada parameter pengamatan lebar daun, bobot segar, bobot akar. Media tanam flannel dan dakron dapat menjadi pengganti media tanam rockwool.

Kata kunci: Hidroponik NFT, media tanam, caisim, kangkung

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Wahyuni, E. S., Febrianto, A. ., & Furoidah, N. . (2023). Uji Berbagai Media Tanam Hidroponik Sistem NFT terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Caisim (Brassica chinensis var. parachinensis) dan Kangkung (Ipomoea aquatica F.). JURNAL BIOSHELL, 12(2), 141–150. https://doi.org/10.56013/bio.v12i2.2445