PENGINTEGRASIAN NORMA ( SOFT SKILL ) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISTEM REPRODUKSI TERHADAP PENYIMPANGAN KONSEP PERILAKU SEKSUAL SISWA MTs SE KECAMATAN RANDUAGUNG

Authors

  • Sumiati Sumiati
  • Suratno Suratno
  • Haning Hasbiyati

Abstract

Pembelajaran merupakan kegiatan utama dari proses pendidikan. Peneliti melakukan observasi MTs. Se kecamatan Randuagung dan diperoleh data 14,29% menyimpang,21,42% cukup menyimpang, 14,29% kurang menyimpang dan 0% tidak menyimpang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penyimpangan konsep perilaku siswa di kecamatan Randuagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur yang digunakan adalah model siklus. Berdasarkan hasil penelitian, analisis serta diskusi penelitian maka diperoleh data pengintegrasian soft skill tentang sex education dalam pembelajaran biologi sistem reproduksi sebesar 85,71% terintegrasi,11,43% cukup terintegrasi, 2,14% kurang terintegrasi dan 0,72% tidak terintegrasi. Hal ini terbukti setiap guru dalam memberi pelajaran atau materi khususnya pelajjaran biologi dan aqidah akhlak setiknya diselingi dengan nasehat atau bimbingan yang mengarah ke hal yang positif.

Kata kunci : Perilaku seksual, soft skillls, sex education

Downloads

Published

2019-07-11

How to Cite

Sumiati, S., Suratno, S., & Hasbiyati, H. (2019). PENGINTEGRASIAN NORMA ( SOFT SKILL ) DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SISTEM REPRODUKSI TERHADAP PENYIMPANGAN KONSEP PERILAKU SEKSUAL SISWA MTs SE KECAMATAN RANDUAGUNG. JURNAL BIOSHELL, 7(1). Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/354

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2