Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Linda Sari Putri Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember
  • Haning Hasbiyati Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.36835/bio.v8i2.916

Abstract

Saat ini kemajuan teknologi sangatlah pesat, termasuk kemajuan penggunaan smartphone. Berdasarkan hasil observasi pada mata pelajaran IPA  nilai siswa masih banyak yang dibawah KKM terutama pada saat ulangan akhir. Oleh karena itu peneliti memanfaatkan smartphone sebagai media dalam menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan PTK, pengumpulan datanya menggunakan kuantitatif tes hasil belajar kognitif. Subyek penelitian ini sebanyak 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut rata- rata nilai kognitif siswa pada siklus I sebesar 75%. Pada siklus II diperoleh rata-rata nilai kognitif siswa sejumlah 81%, maka terjadi peningkatan sejumlah 6%. Maka penerapan media berbasis smartphone sangat tepat untuk membantu keberhasilan proses pembelajaran

Downloads

Published

2019-10-25 — Updated on 2021-01-14

Versions

How to Cite

Putri, L. S., & Hasbiyati, H. . (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JURNAL BIOSHELL, 8(2), 58–60. https://doi.org/10.36835/bio.v8i2.916 (Original work published October 25, 2019)

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>