Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality (VR) pada Materi Sistem Peredaran Darah
DOI:
https://doi.org/10.36835/bio.v8i2.915Abstract
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality bertujuan untuk mengetahui kelayakan media ini dalam pembelajaran. Pengembangan media ini menggunakan langkah pengembangan Research and Development menurut Borg & Gall. Media ini divalidasi kepada ahli media dan ahli materi. Validasi oleh ahli media mendapat nilai dengan persentase 90,91% dan validasi oleh ahli materi mendapatkan nilai dengan persentase 95,24%, yang berarti sangat valid. Uji coba produk dengan sampel sebanyak 14 orang, mendapat skor dengan persentase 86,20% (sangat valid), sedangkan uji coba pemakaian dilakukan dengan sampel sebanyak 18 orang mendapatkan skor dengan persentase sebesar 85,10% (sangat valid). Dari hasil uji coba ini dapat dimaknai bahwa media pembelajaran ini sangat layak dan dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran sebenarnya.
Downloads
Published
Versions
- 2021-01-16 (4)
- 2021-01-14 (3)
- 2021-01-14 (2)
- 2019-10-25 (1)