Analisis Persepsi Siswa MTs S Al Makmur Palangka Raya terhadap Problem Box sebagai Media Pembelajaran Non Digital

Authors

  • Isnan Mualimah Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Elga Araina Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Rahmadyah Kusuma Putri Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Rahmawati Rahmawati Universitas Palangka Raya, Indonesia
  • Rio Eka Desi Purwandari Hartanti Universitas Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/bio.v14i2.4827

Keywords:

Pendidikan, Media non digital, IPA

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi siswa Mts S Al Makmur Palangka Raya terhadap Problem Box sebagai media pembelajaran non digital. Metode yang digunakan di penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan sampel 42 siswa kelas VIII  tahun ajaran 2025/2026 yang dipilih menggunakan cara purposive sampling. Penelitian ini menyatakan bahwa siswa memiliki persepsi yang positif terhadap media Problem Box dengan rata-rata skor 3,24. Media  Problem  Box berhasil memikat ketertarikan siswa (52% setuju dan 45% sangat setuju), serta persepsi siswa menunjukkan adanya harapan dan keinginan untuk menggunkan media ini secara berkelanjutan (60% setuju dan 31% sangat setuju).

References

Aliyah, H., & Masyithoh, S. (2024). Tinjauan Literatur: Peran Teknologi Digital dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 01(04), 681–687.https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/article/view/153

Baya Tamin, K., Ubadah, U., & Mashuri, S. (2022). Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu 2022, Volume 1 Tantangan Pendidikan dalam Era Abad 21. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1(1), 338–342.

Dewi, Z. K. (2023). Pemilihan Media Pembelajaran Dan Implementasinya Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Ypair, 1(2), 54–62.

Hendrawan, G. B., & Marlina, R. (2022). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Game Edukasi Digital Pada Pembelajaran Matematika. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 395. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.10288

Julita, & Dheni Purnasari, P. (2022). Pemanfataan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Era Digital. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 227–239. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.460

Kamila, N., Annas, F., & Oktavia, S. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal of Educational Management and Strategy, 3(01), 43–49. https://doi.org/10.57255/jemast.v3i01.586

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling Info Artikel Abstrak. HISTORIS : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075

Maharani, S., Nurmayani, Halimatusakdiah, Faisal, & Sembiring, M. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 065006 Belawan TA. 2023/2024. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(Vol. 8 No. 2), 27498–27510. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/16860/12442

Nurachadijat, K., & Janah, R. (2023). Model Pembelajaran Visual Auditori dan Kinestetik pada Pelajaran AL-Qur’an. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 75–80. https://doi.org/10.54371/jiepp.v3i2.285

Palopo, U. C., Siswa, B., Smp, D. I., & Waingapu, P. (2025). Biogenerasi : Jurnal Pendidikan Biologi. 10(3), 1752–1757.

Rahayu, I. T., Pramuswari, M. F., Santya, M., Oktariani, R., & Fatimah, S. (2023). Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd / Mi. HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal of Social Sciences, 01(2), 97–110.

Sumarsono, S., Sabri, I., & Suryandoko, W. (2024). Peningkatan Kreativitas dalam Pembelajaran Seni Budaya Melalui Pemanfaatan Multimedia Interaktif. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 2071–2075. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.4011

Vania Diah Salsabila Kusumadyanta, Y. W. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas Xi SMA ( The Development of Android Application-Based Learning Media on Excretory System Material for Eleventh Grade of Senior High School ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 10, 285–301. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i3.20456

VIII, B., SMP, D. I., & Sungai, N. (2025). Efektivitas media pembelajaran interaktif 3d smart boxkelas viii di smp negeri 1 sungai kakap. 4(2), 25–32.

Yogi Fernando, Popi Andriani, & Hidayani Syam. (2024). The importance of learning motivation in improving student learning outcomes. ALFIHRIS : Journal of Educational Inspiration, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Downloads

Published

2025-10-19

How to Cite

Mualimah, I., Araina, E., Putri, R. K., Rahmawati, R., & Hartanti, R. E. D. P. (2025). Analisis Persepsi Siswa MTs S Al Makmur Palangka Raya terhadap Problem Box sebagai Media Pembelajaran Non Digital . JURNAL BIOSHELL, 14(2), 254–261. https://doi.org/10.56013/bio.v14i2.4827