Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Booklet Bermuatan Etnosains pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Fase E SMA/MA
Keywords:
E-Booklet, Etnosains, Klasifikasi Makhluk HidupAbstract
Bahan terbuka adalah komponen penting yang berfungsi sebagai sumber belajar bagi pendidik dan peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang hasil analisis kebutuhan untuk pengembangan e-booklet yang memuat etnosains pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas X Fase E di SMA Negeri 2 Lubuk Alung. Data penelitian menggunakan instrumen untuk studi pendahuluan yang terdiri dari lembar wawancara guru biologi mengenai kebutuhan pembelajaran, tantangan, dan angket observasi untuk peserta didik. Kemudian, 1 orang guru biologi dan 30 orang peserta didik kelas X Fase E menjadi subjek penelitian. Data yang diperoleh dari penelitian pendahuluan dianalisis dengan teknik analisis data statistik deskriptif kualitatif untuk mengetahui kebutuhan pengembangan e-booklet yang memuat etnosains pada materi klasifikasi makhluk hidup Fase E SMA/MA. Hasil analisis data peserta didik menyatakan 97,2% setuju terhadap pengembangan bahan ajar berupa e-booklet . Kesimpulan penelitian ini pengembangan e-booklet yang memuat etnosains dapat menjadi salah satu solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh guru dan peserta didik khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidup Fase E SMA/MA.
References
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Rajawali Press.
Ayunda, S. N., & Lufri, L. (2024). Meta-Analisis: Validitas Pengembangan E-Booklet Pembelajaran Biologi Untuk Peserta Didik SMA. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 5(2), 152–164.
Babalola, E. O., & Keku, E. (2024). Ethno-STEM Integrated Project-Based Learning to Improve Students ’ Creative Thinking Skills. International Journal of Ethnoscience and Technology in Eduvation (IJETE), 1(2), 116–130.
Budianto, Y., Syakur, A., & Yunus, N. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Materi Ruang Lingkup Biologi Dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Kelas X SMAN 5 Palopo. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 1(2), 66–73. https://doi.org/10.54065/pelita.1.2.2021.90
Dayanti, T., Noorhidayati, N., & Rezeki, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Sistem Ekskresi Di SMA Berbentuk E-Booklet Berbasis Android. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(2), 119–133. https://doi.org/10.55784/jupenji.vol1.iss2.256
Fadhilah, N., Magfirah, N., & Mukhlis, A. M. A. (2025). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Biologi Sel. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 5(1), 337–345. https://doi.org/10.31605/bioma.v6i1.3598
Festiyed, F., Elvianasti, M., Diliarosta, S., & Anggana, P. (2022). Pemahaman Guru Biologi SMA di Sekolah Penggerak DKI Jakarta terhadap Pendekatan Etnosains pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 152–163. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2993
Hidayati, F., & Julianto, J. (2025). Integrasi Pendekatan Etnosains dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 31(1), 101–112. https://doi.org/10.30587/didaktika.v31i1.9578
Jacinda, A., Surtikanti, H., & Riandi. (2023). Pembelajaran berbasis etnosains pada materi biologi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa : kajian literatur. Asian Journal Collaboration of Social Environmental and Education, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.61511/ajcsee.v1i1.2023.142
Kosasih, K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.
Lestari, C. A. A., Lestari, A. D., Magfirah, I., & Susilawati, S. (2025). Peran Bahan Ajar, Media dan Sumber Belajar: Kunci Sukses Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Thulla Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 7(1), 1–21.
Lidi, M. W., Mbia Wae, V. P. S., & Umbu Kaleka, M. B. (2022). Implementasi Etnosains Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Di Kabupaten Ende. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 206–216. https://doi.org/ 10.37478/optika.v6i2.2218
Lufri, L., Ardi, A., Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. CV IRDH.
Luthifah, H., & Zulyusri, Z. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Booklet Bernuansa Kontekstual Pada Materi Virus dan Peranannya Sebagai Media Pembelajaran Elektronik Biologi Fase E di SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak. Syimbiotic: Journal of Biological Education and Science, 5(2), 179–187.
Marcellina, R. J., Karyadi, B., Parlindungan, D., Uliyandari, M., & Sutarno, M. (2023). Pengembangan E-Booklet Lemea Lebong sebagai Media Pembelajaran Materi Bioteknologi untuk Siswa SMP. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 6(1), 110–119. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v6i1.5923
Mubin, M. I., Yasir, M., Tamam, B., Wulandari, A. Y. R., & Hadi, W. P. (2024). Pengembangan E-Booklet IPA Terpadu Berbasis Etnosains Batik Damar Kurung Gresik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pancasakti Science Education Journal, 5(9), 109–117. https://doi.org/ 10.24905/psej.v9i2.218
Nursela, A., Setiadi, A. E., & Qurbaniah, M. (2023). Potensi tumbuhan berkhasiat obat di desa pekawai kabupaten melawi sebagai sumber belajar biologi. Biosfer: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 8(2), 115–122. https://journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/view/7197%0Ahttps://journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/download/7197/5003
Permatasari, I., Ahmad, J., & Uno, W. D. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X Di SMA Negeri 1 Suwawa. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 16–29.
Regina, B. D., & Wijayaningputri, A. R. (2022). Kajian Etnosains Berbasis Kearifan Lokalpada Karya Seni Batik Tulis di Anjani Batik Galeri Bumiaji. Journal On Teacher Education, 4(2), 484–490.
Safitri, N. Q. L., & Prananta, R. (2023). Tahapan Pembuatan E-Booklet Sebagai Media Informasi Objek Wisata Kedung Kandang di Desa Wisata Nglanggeran. Electonical Journal of Social Anda Political Sciences, 9(4), 393–405. https:// doi.org/10.19184/e-sospol.v9i4.3692 9
Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet Untuk Siswa SMA/MA Materi Keanekaragaman Hayati. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol1.iss1.30
Setiawan, N. (2023). Pemanfaatan Bahan Ajar dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 85–104. https:// doi.org/10.56436/mijose.v2i1.223
Siregar, A. D. (2021). Pendekatan Etnosains Pada Pembelajaran IPA Dalam Proses Pembuatan Bekasam Untuk Menumbuhkan Nilai Kearifan Lokal. Symbiotic: Journal of Biological Education and Science, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.32939/symbiotic.v2i2.54
Sotero, M. C., Giuseppe, Â., Alves, C., Kelli, J., Arandas, G., Franco, M., & Medeiros, T. (2020). Local and scientific knowledge in the school context : characterization and content of published works. Journal of Ethnobiology and Ethnomedicine, 5, 1–28.
Suanda, I. W., Subrata, I. M., & Rusmayanthi, K. I. (2024). Etnopedagogi Sebagai Media Pelestarian Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 13(02), 87–95.
Vioreza, N., Supriatna, N., Hakam, K. A., & Setiawan, W. (2022). Analisis Ketersediaan Bahan Ajar Berbasis Kearifan. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 147–156.
Winda, W. A., Hardiansyah, H., & Mahrudin, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk E-Booklet Ikan Familia Bagridae Di Sungai Barito Desa Bantuil Kabupaten Barito Kuala Pada Konsep Animalia. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(3), 61–77. https://doi.org/ 10.57218/jupenji.vol1.iss3.373
Yazidi, R. El, & Rijal, K. (2024). Science Learning in the Context of ’ Indigenous Knowledge ’ for Sustainable Development. International Journal of Ethnoscience and Technology in Education (IJETE), 1(1), 28–41.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Gita Sugandi, Lufri Lufri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.









