Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Booklet Bermuatan Etnosains pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Fase E SMA/MA

Authors

  • Gita Sugandi Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Lufri Lufri Universitas Negeri Padang, Indonesia

Keywords:

E-Booklet, Etnosains, Klasifikasi Makhluk Hidup

Abstract

Bahan terbuka adalah komponen penting yang berfungsi sebagai sumber belajar bagi pendidik dan peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang hasil analisis kebutuhan untuk pengembangan e-booklet yang memuat etnosains pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas X Fase E di SMA Negeri 2 Lubuk Alung. Data penelitian menggunakan instrumen untuk studi pendahuluan yang terdiri dari lembar wawancara guru biologi mengenai kebutuhan pembelajaran, tantangan, dan angket observasi untuk peserta didik. Kemudian, 1 orang guru biologi dan 30 orang peserta didik kelas X Fase E menjadi subjek penelitian. Data yang diperoleh dari penelitian pendahuluan dianalisis dengan teknik analisis data statistik deskriptif kualitatif untuk mengetahui kebutuhan pengembangan e-booklet yang memuat etnosains pada materi klasifikasi makhluk hidup Fase E SMA/MA. Hasil analisis data peserta didik menyatakan 97,2% setuju terhadap pengembangan bahan ajar berupa e-booklet . Kesimpulan penelitian ini pengembangan e-booklet yang memuat etnosains dapat menjadi salah satu solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh guru dan peserta didik khususnya pada materi klasifikasi makhluk hidup Fase E SMA/MA.

References

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Rajawali Press.

Ayunda, S. N., & Lufri, L. (2024). Meta-Analisis: Validitas Pengembangan E-Booklet Pembelajaran Biologi Untuk Peserta Didik SMA. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 5(2), 152–164.

Babalola, E. O., & Keku, E. (2024). Ethno-STEM Integrated Project-Based Learning to Improve Students ’ Creative Thinking Skills. International Journal of Ethnoscience and Technology in Eduvation (IJETE), 1(2), 116–130.

Budianto, Y., Syakur, A., & Yunus, N. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Biologi Materi Ruang Lingkup Biologi Dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Kelas X SMAN 5 Palopo. Jurnal Pelita: Jurnal Pembelajaran IPA Terpadu, 1(2), 66–73. https://doi.org/10.54065/pelita.1.2.2021.90

Dayanti, T., Noorhidayati, N., & Rezeki, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Konsep Sistem Ekskresi Di SMA Berbentuk E-Booklet Berbasis Android. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(2), 119–133. https://doi.org/10.55784/jupenji.vol1.iss2.256

Fadhilah, N., Magfirah, N., & Mukhlis, A. M. A. (2025). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Biologi Sel. JRIP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 5(1), 337–345. https://doi.org/10.31605/bioma.v6i1.3598

Festiyed, F., Elvianasti, M., Diliarosta, S., & Anggana, P. (2022). Pemahaman Guru Biologi SMA di Sekolah Penggerak DKI Jakarta terhadap Pendekatan Etnosains pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 152–163. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2993

Hidayati, F., & Julianto, J. (2025). Integrasi Pendekatan Etnosains dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pemikiran Pendidikan, 31(1), 101–112. https://doi.org/10.30587/didaktika.v31i1.9578

Jacinda, A., Surtikanti, H., & Riandi. (2023). Pembelajaran berbasis etnosains pada materi biologi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa : kajian literatur. Asian Journal Collaboration of Social Environmental and Education, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.61511/ajcsee.v1i1.2023.142

Kosasih, K. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Lestari, C. A. A., Lestari, A. D., Magfirah, I., & Susilawati, S. (2025). Peran Bahan Ajar, Media dan Sumber Belajar: Kunci Sukses Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. At-Thulla Jurnal Mahasiswa Studi Islam, 7(1), 1–21.

Lidi, M. W., Mbia Wae, V. P. S., & Umbu Kaleka, M. B. (2022). Implementasi Etnosains Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Mewujudkan Merdeka Belajar Di Kabupaten Ende. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 206–216. https://doi.org/ 10.37478/optika.v6i2.2218

Lufri, L., Ardi, A., Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. CV IRDH.

Luthifah, H., & Zulyusri, Z. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Booklet Bernuansa Kontekstual Pada Materi Virus dan Peranannya Sebagai Media Pembelajaran Elektronik Biologi Fase E di SMA Negeri 1 Kecamatan Guguak. Syimbiotic: Journal of Biological Education and Science, 5(2), 179–187.

Marcellina, R. J., Karyadi, B., Parlindungan, D., Uliyandari, M., & Sutarno, M. (2023). Pengembangan E-Booklet Lemea Lebong sebagai Media Pembelajaran Materi Bioteknologi untuk Siswa SMP. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 6(1), 110–119. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v6i1.5923

Mubin, M. I., Yasir, M., Tamam, B., Wulandari, A. Y. R., & Hadi, W. P. (2024). Pengembangan E-Booklet IPA Terpadu Berbasis Etnosains Batik Damar Kurung Gresik untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pancasakti Science Education Journal, 5(9), 109–117. https://doi.org/ 10.24905/psej.v9i2.218

Nursela, A., Setiadi, A. E., & Qurbaniah, M. (2023). Potensi tumbuhan berkhasiat obat di desa pekawai kabupaten melawi sebagai sumber belajar biologi. Biosfer: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 8(2), 115–122. https://journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/view/7197%0Ahttps://journal.unpas.ac.id/index.php/biosfer/article/download/7197/5003

Permatasari, I., Ahmad, J., & Uno, W. D. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X Di SMA Negeri 1 Suwawa. JUPEIS: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 16–29.

Regina, B. D., & Wijayaningputri, A. R. (2022). Kajian Etnosains Berbasis Kearifan Lokalpada Karya Seni Batik Tulis di Anjani Batik Galeri Bumiaji. Journal On Teacher Education, 4(2), 484–490.

Safitri, N. Q. L., & Prananta, R. (2023). Tahapan Pembuatan E-Booklet Sebagai Media Informasi Objek Wisata Kedung Kandang di Desa Wisata Nglanggeran. Electonical Journal of Social Anda Political Sciences, 9(4), 393–405. https:// doi.org/10.19184/e-sospol.v9i4.3692 9

Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet Untuk Siswa SMA/MA Materi Keanekaragaman Hayati. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol1.iss1.30

Setiawan, N. (2023). Pemanfaatan Bahan Ajar dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 2(1), 85–104. https:// doi.org/10.56436/mijose.v2i1.223

Siregar, A. D. (2021). Pendekatan Etnosains Pada Pembelajaran IPA Dalam Proses Pembuatan Bekasam Untuk Menumbuhkan Nilai Kearifan Lokal. Symbiotic: Journal of Biological Education and Science, 2(2), 79–89. https://doi.org/10.32939/symbiotic.v2i2.54

Sotero, M. C., Giuseppe, Â., Alves, C., Kelli, J., Arandas, G., Franco, M., & Medeiros, T. (2020). Local and scientific knowledge in the school context : characterization and content of published works. Journal of Ethnobiology and Ethnomedicine, 5, 1–28.

Suanda, I. W., Subrata, I. M., & Rusmayanthi, K. I. (2024). Etnopedagogi Sebagai Media Pelestarian Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 13(02), 87–95.

Vioreza, N., Supriatna, N., Hakam, K. A., & Setiawan, W. (2022). Analisis Ketersediaan Bahan Ajar Berbasis Kearifan. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 147–156.

Winda, W. A., Hardiansyah, H., & Mahrudin, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk E-Booklet Ikan Familia Bagridae Di Sungai Barito Desa Bantuil Kabupaten Barito Kuala Pada Konsep Animalia. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(3), 61–77. https://doi.org/ 10.57218/jupenji.vol1.iss3.373

Yazidi, R. El, & Rijal, K. (2024). Science Learning in the Context of ’ Indigenous Knowledge ’ for Sustainable Development. International Journal of Ethnoscience and Technology in Education (IJETE), 1(1), 28–41.

Downloads

Published

2025-11-15

How to Cite

Sugandi, G., & Lufri, L. (2025). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Booklet Bermuatan Etnosains pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Fase E SMA/MA . JURNAL BIOSHELL, 15(1), 11–20. Retrieved from https://ejurnal.uij.ac.id/index.php/BIO/article/view/4843