Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Komunikasi Peserta Didik pada Materi Sistem Pernafasan Kelas XI di SMAN 3 Solok

Authors

  • Oktavia Permata Suri Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Heffi Alberida Universitas Negeri Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56013/bio.v15i1.4847

Keywords:

Inkuiri terbimbing, Keterampilan komunikasi, Sistem pernapasan, Pembelajaran biologi, Eksperimen

Abstract

Riset ini berupaya menganalisis sejauh mana penerapan Pendekatan pengajaran
yang berfokus pada Inkuiri Terbimbing memengaruhi kemampuan komunikasi
peserta didik topik sistem pernapasan di kelas XI SMAN 3 Solok. Latar belakang
penelitian ini berangkat dari kebutuhan pengembangan keterampilan
komunikasi sebagai salah satu kompetensi utama abad ke-21 yang dapat
ditingkatkan melalui strategi pembelajaran aktif serta partisipatif. Pendekatan
Dengan memanfaatkan metode eksperimen dan Desain Posttest Only Control
Group, penelitian ini memilih sampelnya secara sengaja berdasarkan kriteria
tertentu (purposive sampling) di mana subjek dibagi menjadi dua kelas. Satu kelas
(eksperimen) menerima perlakuan Inkuiri Terbimbing, sementara kelas lainnya
(kontrol) menggunakan metode pembelajaran konvensional. Alat ukur
penelitian mencakup lembar observasi serta angket keterampilan komunikasi.
Data dianalisis dengan melakukan uji normalitas, homogenitas, dan pengujian
hipotesis menggunakan Mann-Whitney Test. Dengan nilai signifikansi 0,000
(jauh di bawah 0,05), temuan ini mengindikasikan adanya perbedaan yang jelas
dan berarti antara hasil yang dicapai oleh kedua kelas. Temuan Fakta ini
menunjukkan bahwa penggunaan Pendekatan Belajar Inkuiri Terbimbing
memberikan pengaruh yang baik pada peningkatan keterampilan komunikasi
peserta didik. Siswa pada kelas eksperimen lebih aktif berdiskusi, mampu
mengemukakan pendapat, serta menyampaikan konsep biologi secara
terstruktur dan logis. Oleh karena itu, model Inkuiri Terbimbing layak
dijadikan salah satu pilihan metode pembelajaran berhasil guna dalam
memperkuat kemampuan komunikasi siswa, khususnya pada pembelajaran
biologi yang menekankan pendekatan ilmiah dan kolaboratif.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2442–9511. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800/http

Ari Widodo. (2021). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dasar-Dasar Untuk Praktik. UPI PRESS.

Arifin Z, B. Y. (2020). Application of Normality Test in Educational Research. Journal of Educational Studies, 15(2), 45–53.

Ariyanto, S. R., Lestari, I. W. P., Hasanah, S. U., Rahmah, L., & Purwanto, D. V. (2020). Problem Based Learning dan Argumentation Sebagai Solusi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 197. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2522

Chengere, A. M., Bono, B. D., Zinabu, S. A., & Jilo, K. W. (2025). Enhancing secondary school students’ science process skills through guided inquiry-based laboratory activities in biology. PLOS ONE, 20(4 April). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0320692

Febby Amaditha, F., Gia, S., Fitri, S., & Ekanara, B. (2024). Students’ Communication Skills and Scientific Literacy Ability in Biology through Guided Inquiry Learning. International Journal of Biology Education Towards Sustainable Development, 4(1), 21–31. https://doi.org/10.52889/ijbetsd.v4i1.435

Gunardi. (2020). Inquiry Based Learning dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pelajaran Matematika. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Halim S, N. M. F. A. (2022). The Role of Homogeneity Test in Analyzing Learning Models. Educational Research Updates, 18(3), 112–117.

Hayati, Z., & Fuadiyah, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) terhadap Kemampuan Argumentasi Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi. MASALIQ, 3(6), 1111–1118. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i6.1608

Hochberg Y, T. A. (2019). Multiple Comparison Procedures.

Krishnan, P. (2019). A review of the non-equivalent control group post-test-only design. Nurse Researcher, 26(2), 37–40. https://doi.org/10.7748/nr.2018.e1582

Öztürk, B., Kaya, M., & Demir, M. (2022). Does inquiry-based learning model improve learning outcomes? A second-order meta-analysis. Journal of Pedagogical Research, 6(4), 201–216. https://doi.org/10.33902/JPR.202217481

Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., de Jong, T., van Riesen, S. A. N., Kamp, E. T., Manoli, C. C., Zacharia, Z. C., & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of inquiry-based learning: Definitions and the inquiry cycle. In Educational Research Review (Vol. 14, pp. 47–61). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.02.003

Rahman A, W. R. (2022). Penerapan uji homogenitas untuk menentukan kesetaraan varians antar kelompok. Jurnal Metodologi Pendidikan, 9(2), 75–85.

Redhana, W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia.

Sarumaha, M., Harefa, D., & Kunci, K. (2022). Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Terpadu Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Humaniora. 5(1). https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI

Saskara, F. A. D., & Yonata, B. (2025). An Innovative Guided Inquiry Worksheet Integrated with the Nested Approach to Enhance Students’ Critical Thinking Skills in Chemical Equilibrium. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 11(7), 579–588. https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i7.11515

Syaifuddin et al. (2023). Pengantar Ilmu Komunikasi (1st ed.). CV. Literasi Nusantara Abadi.

Yanuar Rizki, I., Surur, M., Irma Noervadilah, dan, PGRI Situbondo, S., Kunci, K., Terbimbing, I., Komunikasi, K., & Komunikasi Lisan, K. (2021). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Visipena, 12(1), 124.

Yurisma, I. O., Lian, B., & Kurniawan, C. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 591–601. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1981

Downloads

Published

2025-11-15

How to Cite

Suri, O. P., & Alberida, H. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Komunikasi Peserta Didik pada Materi Sistem Pernafasan Kelas XI di SMAN 3 Solok. JURNAL BIOSHELL, 15(1), 1–10. https://doi.org/10.56013/bio.v15i1.4847