Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Bernuansa Kontekstual pada Materi Bioteknologi untuk SMA
DOI:
https://doi.org/10.56013/bio.v14i2.4839Keywords:
LKPD, Problem Based Laerning, KontekstualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning bernuansa kontekstual pada materi bioteknologi di SMA sebagai upaya meningkatkan minat dan keterlibatan belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam tahap analisis kebutuhan dari model pengembangan 4D dengan partisipan guru biologi dan 36 peserta didik di SMA Negeri 2 Kinali melalui angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang kurang menarik dan kurang kontekstual menjadi kendala utama minat belajar, dengan 100% peserta didik belum pernah menggunakan LKPD dan 93% pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga pengembangan LKPD berbasis PBL yang menghadirkan masalah nyata sesuai lingkungan peserta didik sangat dibutuhkan untuk meningkatkan literasi ilmiah, keterlibatan aktif, serta hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa LKPD berdasarkan sintaks PBL dan bernuansa kontekstual efektif sebagai solusi inovatif untuk mengatasi permasalahan pembelajaran bioteknologi di SMA fase E.
References
Achmad, A. A., Zulfiani, Z., & Solihin, S. (2024). Development of Live Worksheet Based on Project-Based Learning to Promote Creative Thinking and Ecopreneurship on Biotechnology Concepts. International Journal of STEM Education for Sustainability, 4(2), 176–201. https://doi.org/10.53889/ijses.v4i2.409
Chrislando, A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Pepatudzu, 10(15).
Fitri, R., & Yogica, R. (2019). Practicality of student worksheet based on concept and problem solving approach to improve student’s ability to understand concept and high-level thinking in animal development. Journal of Physics: Conference Series 1317(1), 012191. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012191
Herman, H., Rusmaniah, R., Munandar, H., & Rozikin, A. Z. (2023). Utilization of the Surrounding Environment as a Source of Learning Forum for Social Sciences. The Innovation of Social Studies Journal, 5(1).
Humayroh, S., Anas, N., & Adlini, M. N. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Bioteknologi Konvesional Kelas XII SMA/IPA. Sci-Tech Journal, 2(2), 202–212. https://doi.org/10.56709/stj.v2i2.116
Irawan, N., Zaini, M., & Winarti, A. (2023). The effectiveness of student worksheets based on critical thinking skills in biology class XI high school odd semester. Bio-Inoved: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. https://doi.org/10.20527/bino.v5i3.15393
Liestianty, D., Limatahu, N. A., Ibrahim, F., Nadut, A., Limatahu, I., Roini, C., & Napitupulu, M. Y. (2024). Development of an Integrated Students Worksheet (LKPD) for the Ternate Local Protection Project to Improve the Chemical Literacy of Senior High School Students. International Journal Of Integrative Sciences, 3(9), 1019–1034. https://doi.org/10.55927/ijis.v3i9.11658
Maharani, I. P., Fitri, R., Fadhilla, M., & Selaras, G. H. (2022). Preliminary Phase: High Order Thinking Skills-Oriented Student Worksheets in Biology Subjects for Tenth-Grade Students. Thinking Skills and Creativity Journal, 5(1), 1–6. https://doi.org/10.23887/tscj.v5i1.38501
Maksum, M. & Rusdiyana, A.F. (2022). Penggunaan LKPD Literasi Sains dalam Pembelajaran Tingkat SMA. Jurnal Inovasi Karya Ilmah Guru, 2(1).
Maulina, I., Ningsih, Y. S., Rijal, F., Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Tarbiyah, F., Aceh, A. B., Lorong, A., Sina, I., Darussalam, K., Kuala, K. S., & Aceh, B. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar Lingkungan Belajar, Meningkatkan Antusiasme Siswa, &Menumbuhkan Kreativitas yang Lebih. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 2(4).
Nurmiati, N., Arismunandar, A., & Rauf, B. A. (2022). Development of Environmental-Based Contextual Learning Models to Increase Student Creativity at the High School Level. Proceedings of the 1st World Conference on Social and Humanities Research.
Pulungan, R. D., Jayanti, U. N. A. D., & Wijayanti, E. (2025). Developing socio-scientific inquiry-based worksheets to enhance students’ problem-solving skills on biodiversity topics. Research and Development in Education, 5(2), 781–795. https://doi.org/10.22219/raden.v5i2.40927
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfabeta.
Susanti, S. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas IV. Jurnal Pengajaran dan Pembelajaran Pendidikan Dasar, 4(2).
Tohiri, D. M., & Rakhmawati, A. (2024). Development of PjBL-based e-worksheets utilizing the kombucha bioprocess in high school biology learning. Research and Development in Education, 4(2), 1473–1484. https://doi.org/10.22219/raden.v4i2.36263
Ulfah, N. P., & Ahda, Y. (2020). A Needs Analysis of the Development of Problem Based Learning-Based Student Worksheet on Human Reproductive System Material to Improve Students’ Critical Thinking Skills of Grade XI SMA Negeri 1 Kubung Solok Regency. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT) 21(2), 307–310. https://doi.org/10.52155/IJPSAT.V21.2.1968
Vitrianingsih, D., Aulianingsih, I., & Yuliani, H. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Elektronik (E-Module) IPA Terintegrasi Islam. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 27. https://doi.org/10.20527/jipf.v5i1.2 525
Vitrianingsih, D., Yuliani, H., Syar, N. I., & Nasir, M. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke Kelas XI di SMA Negeri 1 Palangkaraya. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 4(1), 1–7.
Wang, X. (2023). Student Worksheet Based on Contextual Teaching and Learning (CTL) in Biology Learning related Ecosystem Concept. Islamic Journal of Integrated Science Education (IJISE), 2(1), 46–60. https://doi.org/10.30762/ijise.v2i1.895
Wulan, E., Berlian, L., & Kurniasih, S. D. (2023). Development of online student worksheet based on scientific approach to improve critical thinking ability in Junior High School. Jurnal Pijar Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 18(1), 50–56. https://doi.org/10.29303/jpm.v18i1.4336
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Annisa Tuzzahra, Zulyusri Zulyusri, Heffi Alberida, Rahmi Kurniati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.










