This is an outdated version published on 2021-01-14. Read the most recent version.

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality (VR) Pada Materi Sistem Peredaran Darah

Authors

  • Badrus Sifa’ Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember
  • Haning Hasbiyati Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember
  • Benny Afandi Pendidikan Biologi, Universitas Islam Jember

DOI:

https://doi.org/10.36835/bio.v8i2.915

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality bertujuan untuk mengetahui kelayakan media ini dalam pembelajaran. Pengembangan media ini menggunakan langkah pengembangan Research and Development menurut Borg & Gall. Media ini divalidasi kepada ahli media dan ahli materi. Validasi oleh ahli media mendapat nilai dengan persentase 90,91% dan validasi oleh ahli materi mendapatkan nilai dengan persentase 95,24%, yang berarti sangat valid. Uji coba produk dengan sampel sebanyak 14 orang, mendapat skor dengan persentase 86,20% (sangat valid), sedangkan uji coba pemakaian dilakukan dengan sampel sebanyak 18 orang mendapatkan skor dengan persentase sebesar 85,10% (sangat valid). Dari hasil uji coba ini dapat dimaknai bahwa media pembelajaran ini sangat layak dan dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran sebenarnya.

Downloads

Published

2019-10-25 — Updated on 2021-01-14

Versions

How to Cite

Badrus Sifa’, Haning Hasbiyati, & Benny Afandi. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality (VR) Pada Materi Sistem Peredaran Darah. JURNAL BIOSHELL, 8(2), 50–52. https://doi.org/10.36835/bio.v8i2.915 (Original work published October 25, 2019)

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2