PENERAPAN KEBIJAKAN SATU MINGGU EMPAT KALI (SATMINGKAL) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DI MTS SA AL-ALAWIYAH DESA KARANGPRING KECAMATAN SUKORAMBI

Authors

  • Muhammad Ilyas Universitas Islam Jember
  • Andi Purbaya

DOI:

https://doi.org/10.56013/alashr.v7i2.2572

Abstract

Abstrak: Kepala  madrasah  merupakan  pimpinan  pada  lembaga  yang dipimpinnya.  Maju  dan berkembangnya  suatu  lembaga  tersebut  merupakan tugas  dan tanggung  jawab  kepala  madrasah.  Pemimpin  adalah  orang  yang melakukan kegiatan dalam usaha mempengaruhi orang lain yang ada di lingkungannya  pada situasi tertentu agar orang lain mau bekerja dengan rasa penuh tanggungjawab demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Keberhasilan kepala madrasah dalam pelaksanaan program kebijakan, diasumsikan   merupakan   hasil   dari   kerja   keras   dan   kepiawaian   kepala madrasah  dalam  membuat  kebijakan-kebijakan   operasional  dalam meningkatkan  profesionalisme  guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan  kebijakan  Satmingkal (satu  minggu  empat  kali)  dalam meningkatkan kompetensi profesioanalisme guru di bidang menguasai pelajaran yang diampu dan penerapan  kebijakan  Satmingkal (satu  minggu  empat  kali)  dalam meningkatkan kompetensi profesioanalisme guru di bidang mengembangkan materi pelajaran di MTs SA Al-Alawiyah Desa Karangpring Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember.

Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian femenologi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sumber data kepala sekolah, waka. Kurikulum dan guru di MTs SA Al-Alawiyah Karangpring Sukorambi Jember, metode pengambilan data dilakukan dengan menggunakan wawancara (interview), observasi dan dokumentasi terkait kebijakan satmingkal dan meningkatkan profesionalisme guru di MTs SA Al-Alawiyah Karangpring Sukorambi Jember,. Dalam teknik analisis data penelitian ini memakai triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Berdasarkan  hasil Penelitian penerapan kebijakan satu minggu empat kali dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru dibidang menguasai materi pelajaran di  MTs  SA  Al-Alawiyah  mengalami  peningkatan dari yang awalnya guru datang hanya untuk mengajar namun setelah mengikuti  kebijakan  satmingkal  ini guru  jadi  lebih  banyak  waktu  untuk mengikuti  pelatihan-pelatihan   kependidikan   dan  keguruan,  yang  mana dalam kegiatan ini guru dapat menambah ilmu, wawasan dan pengalaman dengan  guru  dari lembaga  lain yang  se-linier.  Sehingga  ketika  di dalam kelas guru satmingkal  ini mampu menyampaikan  dan menjelaskan  materi dengan baik. Sedangkan penerapan kebijakan satu minggu empat kali dalam meningkatkan kompetensi profesionalisme guru dibidang dibidang penegmbangan materi pelajaran diantaranya yaitu mengembangkan strategi aktif melalui metode game dan meniru gaya tokoh dalam materi (drill metod).

 Kata kunci : Kebijakan satmingkal, Pengembangan kompetensi profesionalisme guru

Published

2022-09-21

Issue

Section

Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Dasar